Robot Anjing Pingsan saat Cium Bau Kaki

31
This handout photo taken and released on September 8, 2017 shows robot dog "Hana-chan", developed by Japanese startup Next Technology, smelling feet to detect odour in Kitakyushu, western Japan. Hana-chan -- a play on the Japanese word for "nose" and a common girl's nickname -- is a helpful little robot mutt who will bark if she detects moderately whiffy toes, but will keel over if the pong is particularly pungent. / AFP PHOTO / NEXT TECHNOLOGY / Handout / RESTRICTED TO EDITORIAL USE - MANDATORY CREDIT "AFP PHOTO / NEXT TECHNOLOGY" - NO MARKETING NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS

ANJING dikenal dengan kemampuan penciumannya yang amat baik. Tak ayal binatang ini banyak dimanfaatkan oleh pihak terkait dalam kepentingan penyelidikan.

Lain halnya dengan dunia penyelidikan, sebuah startup di Jepang menawarkan robot anjing yang mampu mengendus bau kaki seseorang. Tak hanya itu, robot anjing ini juga mampu memberikan jawabannya dengan jujur.

Saat bau kaki seseorang amat menyengat, robot ini bahkan akan pingsan.

Sebagaimana diketahui, bau kaki akan membuat orang yang berada di dekat Anda menjadi tidak nyaman. Terlebih jika Anda berkunjung ke rumah seseorang yang mengharuskan Anda melepas alas kaki.

Dijuluki sebagai Hana-chan, robot ini akan menggonggong saat ia mendeteksi bau. Ia mampu memberikan tiga reaksi untuk bau yang ia endus.

Jika kaki Anda wangi maka robot itu akan berjoget senang. Jika kaki Anda agak bau, maka Hana-chan akan menggonggong. Sementara itu, saat baunya amat menyengat, robot dengan panjang 15 cm ini akan tersungkur pingsan.

Hana-chan dilengkapi dengan sensor pendeteksi bau di dalam hidungnya. Ia juga mampu menyemprotkan pengharum udara untuk memperbaiki situasi saat bau terindikasi menyengat.

Dilansir Daily Mail, robot Hana-chan diciptakan oleh Next Technology. Perusahaan itu merancangnya sebagai jawaban atas permintaan dari seorang pria yang sangat ingin mengetahui apakah kakinya bermasalah.

“Dia mengatakan kepada kami bahwa putrinya mengadu jika kakinya bau,” kata karyawan perusahaan bernama Kimika Tsuji.

“Namun ia tidak begitu ingin mengetahui seberapa buruk bau kakinya, karena ia akan merasa sakit hati. Karena itulah kami mengembangkan robot imut ini,” terangnya.

Robot ini telah dipresentasikan di depan Walikota Kitakyushu, Kenji Kitahashi. Robot Hana-chan rencananya akan dipasarkan secara komersial pada awal tahun depan.

Sejatinya, alat pendeteksi bau bukan hanya bisa didapatkan dari Hana-chan. Pada Juli lalu perusahaan teknologi Jepang – Konica Minolta juga merancang perangkat pendeteksi bau berukuran mungil.

Perangkat tersebut memungkinkan seseorang untuk menguji sendiri tiga kategori bau dengan skala 0 hingga 100. Demikian seperti dilansir Daily Mail, Minggu (10/9/2017). (C-003/lnm)***