Speaker Pintar dari Negeri Sakura

68

SAAT peluncuran Galaxy Note 8 lalu, Samsung mengungkap bahwa mereka akan mengikuti Amazon dan Google untuk membuat speaker pintar. Sayangnya hingga kini, pihak perusahaan masih belum juga mengungkap detail perangkatnya.

Berbeda dengan Samsung, Sony bergerak lebih cepat. Sebagaimana dilansir dari Phone Arena, Senin (11/9/2017), perusahaan asal Jepang itu baru saja mengumbar speaker pintar buatannya. Dalam sebuah video di Youtube, speaker pintar Sony itu memiliki nomor model LF-S50G.

Lantas asisten digital mana yang digunakan Sony? Tak lama setelah pengumuman dari Google, Sony ternyata mengungkap speaker pintar buatannya dibekali oleh Google Assistant. Sebelumnya, Google memang sempat berminat untuk mengekspansi asisten digitalnya ke perangkat lain.

Sony LF-S50G tak hanya dibekali kemampuan Google Assistant. Speaker pintar itu juga bisa digunakan untuk memutar musik dari layanan Spotify, Google Play Music serta Pandora.

Seperti pada speaker pintar lainnya, Sony juga memungkinkan pengguna speaker pintarnya untuk menanyakan informasi seperti cuaca, skor dari tayangan olahraga, serta menghidupkan atau mematikan perangkat IoT lainnya.

Pengguna bisa memilih konektivitas dipakai apakah menggunakan bluetooth atau NFC. Suara yang dihasilkan oleh speaker pintar Sony diklaim bisa terdengar secara 360 derajat, artinya bisa mengelilingi seluruh ruangan.

Rencananya Sony akan menjual model LF-S50G ini pada Oktober mendatang. Di pasaran speaker pintar ini akan bersaingan bersama Google Home, Amazon Echo, dan juga Apple HomePod sebagai pemain baru di perangkat speaker pintar. (C-00/kem)***