Ir.H.Gatot Tjahyono MM., Merintis Bidang Usaha Sejak Dibangku Kuliah

53

Suami dari Dra. Affiatty Sofia Mantini ini, menjabat sebagai anggota DPRD Daerah Jawa Barat,
Wakil Ketua Dewan Pimpinan PDIP Jawa Barat, serta beberapa jabatan lainnya.

Ir.H.Gatot Tjahyono MM., kelahiran Bandung 19 Juni 1962, selain berkecimpung di dunia politik, juga adalah seorang pengusaha. Pemilik hotel Sofia Beach Pangandaran ini, juga menjabat sebagai Ketua Komisi tetap BUMN Kadin Indonesia, anggota Dewan Pertimbangan Kadin Jawa Barat, serta Ketua Asosiasi Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia Jabar. Kiprahnya sebagai pengusaha, dirintis sejak ia duduk di bangku kuliah pada tahun 80-an, awalnya bekerja di bidang penyaluran tenaga kerja Indonesia (1984-1992).

“Saat ini, saya lebih fokus pada bidang politik,” tutur Gatot menceritakan tentang perjalanan kariernya akhir pekan lalu kepada BB di Bandung. Gatot mengakui, selama 23 tahun menggeluti profesi sebagai pengusaha, ia banyak memiliki berbagai pengalaman. “Suka dukanya tentu ada, saat pendapatan kurang, gaji karyawan harus tetap dibayar. Saat ekonomi turun, kita harus mampu bertahan”, ungkapnya.

Gatot juga mengaku bahwa, saat ini ia tengah bersiap menyerahkan tongkat estafet usaha kepada anaknya. Gatot Tjahyono merupakan ayah dari dua orang anak. Anak pertama, Adyesa Kevindra Albary, SE.,MBA, lulusan S-2 ITB, yang kini juga berprofesi sebagi pengusaha. Anak kedua, dr. Ayundari Diandra Tahyra, bertugas di RSUD Pelabuhan Cirebon.
Penggemar warna merah dan hitam ini, selain sukses sebagai pengusaha, juga merupakan salah seorang organisator. Berkiprah di bidang organisasi, dirintisnya sejak duduk di bangku kuliah, dengan menjabat sebagai Ketua Himpunan Teknik Sipil Itenas.

Melanjutkan orang tua
Gatot Tjahyono menekuni bidang politik sejak tahun 1998, ketika ia bergabung di PDI Perjuangan, melanjutkan kiprah orang tuanya yang bernama Bambang Soekery. Bambang Soekery pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Bandung dari PNI, dan merupakan salah satu tokoh politik berpengaruh di Bandung.

Politisi PDI Perjuangan ini, pernah menjadi Wakil Ketua DPD bidang politik, dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat. Kini, Gatot menjadi Wakil Ketua DPD PDIP Jabar. Kiprahnya dalam politik, ia wujudkan dengan menjadi anggota DPRD Jabar selama 2 periode (hingga saat ini). Obsesi Gatot dalam politik, sesuai dengan sikap nasionalisme yang diajarkan oleh Bung Karno, yakni memberikan motivasi kuat untuk banyak memikirkan serta mendorong pembangunan masyarakat adil dan sejahtera, sesuai dengan ideologi Pancasila.

Untuk kapasitasnya sebagai anggota DPRD, keseriusan Gatot terfokus pada bidang garapan infrastuktur, serta peningkatan SDM maupun UKM. Semua itu banyak memberikan arti terhadap perjalanan karier politiknya, sehingga Gatot memantapkan dirinya untuk maju dalam ajang Pemilihan Walikota Bandung 2018. Dalam perjalanan hidup dan karier di dunia usaha maupun politiknya, selalu didasari oleh kesungguhan serta restu dari istri, anak dan orang tua, disamping kemampuan membaca peluang, serta mengoptimalkan kesempatan baik sesuai aturan.

Selaku politisi yang berbasis dunia usaha, Gatot memiliki prinsip menjaga integritas dan kejujuran dalam setiap bidang, membangun komunikasi dengan seluruh kawan dalam semua tingkatan dan bidang, serta tidak mencampurkan adukan kepentingan politik masyarakat dengan urusan keluarga. Penganut moto hidup “Berbuat yang terbaik, fokus dan luwes dalam mencapainya” ini mengatakan, politik adalah alat perjuangan untuk mencapai cita-cita masyarakat dan bangsa sejahtera, melalui ideologi yang kita yakini. Dengan berkecimpung di dunia politik, kita akan merasakan dinamika politik, persaingan dan pertemanan, bahkan terkadang permusuhan.

Gatot Tjahyono juga ikut melahirkan kebijakan strategis, baik di DPRD Jabar maupun di DPD PDIP Jabar. Di antaranya, kebijakan dalam pembangunan Bandara Kertajati 2003, pembangunan listrik masuk desa sejak tahun 2003 sampai dengan sekarang, pembangunan jalan lingkar luar Kuningan dan Ciamis, pembangunan sarana Bandara Nusawiru, program Rutilahu di desa, pembangunan Spam perkotaan, persiapan jalan tol Cigatas wilayah selatan.
“Program yang tengah diperjuangkan saat ini adalah, percepatan pembangunan akses dan kesejahteraan warga Jabar, khususnya Dapil Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran,” demikian Gatot mengakhiri percakapannya dengan BB. (E-018)***