TMMD Kodim 0610 Sumedang Rehab Gubug Wanita Jompo

32

BISNIS BANDUNG – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0610 Sumedang tahun 2017 di Dusun Margalaksana Desa Sukarapih Kabupaten Sumedang , menggarap perbaikan rumah tak layak huni, membangun jalan desa dan tempat penampungan air bersih.
Kalangan masyarakat maupun praktisi di Sumedang menilai, melalui program TMMD Reguler Kodim 0610 Sumedang membawa dampak positif, khususnya dalam hal kedekatan, kebersamaan, persatuan, kesatuan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.
“Memang, dalam rangka menciptakan kemanunggalan antara TNI dan rakyat , program Satgas TMMD Kodim 0610 Sumedang tahun ini, dilaksanakan di Dusun Margalaksana Desa Sukarapih .

Terlihat, anatara tentara dan masyarakat berbaur menjadi satu, bekerjasama bahu-membahu membangun jalan, merenovasi rumah tak layak huni dan banyak sasaran perbaikan fisik yang akan kita kerjakan bersama-sama,” tutur Dandim Sumedang Letkol (Armed) I Made Mertha Yasa S.sos di Sumedang , Ditambahkan, melalui program TMMD ini pula, Kodim Sumedamg ingin membuktikan kepada seluruh komponen anak bangsa, bahwa TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat, berjuang dan bekerja untuk rakyat. Dalam proses bedah rumah tidak layak huni (rutilahu), pihaknya bekerjasama dengan pemerintah desa setempat.Mereka melakukan survey ke daerah – daerah yang terdapat rutilahu dan benar benar harus direhab.

Ditambah berdasarkan laporan tentang kondisi para penghuninya,dalam arti mampu atau tidak mampu dalam hal materi. “Rumah yang kita renovasi secara faktual di lapangan bukan atas pengajuan dari pemilik rumah. Tapia atas hasil survei para anggota dan pemerintah Desa yang mengetahui layak atau tidaknya kondisi rumah warganya direnovasi,serta dilihat dari segi ekonomi penghuni rumah dalam kesehariannya,”ujar Made, akhir pekan lalu.

Rumah yang direhab kali ini adalah milik Ma Acih,wanita jompo yang sudah tidak memiliki sanak saudara, warga Dusun Margalaksana yang sudah 30 tahun lebih hidup menjanda ditinggal mati suami dan anak anaknya. Berdasar keterangan Toto, Ketua Rt 01/08 bahwa rumah Ma Acih , sebelumnya sudah pernah diajukan ke Pemkab Sumedang untuk direnovasi, namun mungkin saking banyaknya rumah warga yang harus direnovasi, walau diajukan berulang ulang, sejauh ini belum ada tanggapannya dari Pemkab Sumedang.

”Namun oleh program TMMD Kodim 0610 Sumedang, perbaikan rumah Ma Acih akan segera dilaksanakan. Dulu sudah pernah kami ajukan ke Pemkab untuk masalah renovasi rumah tidak layah huni milik warga kami, cuman baru sekarang kesampaian, itupun berkat program TMMD Kodim Sumedang,” ucap Toto memperjelas perbaikan rumah tak layak huni milik warganya. Ma Acih yang diwawancara BB sebagai pemilik rumah mengaku senang dengan adanya program TMMD, selain bisa merenovasi rumahnya yang sudah reyot, juga memperbaki jalan desa dan lingku­ngan untuk menunjang kelancaran aktivitas warga yang dikerjakan oleh TNI bekerjasama dengan warga.

“Senang atuh alhamdulillah imah ema bisa dialusan deui ku bapak- bapak tentara,boro boro jang ngaalusan imah ema mah,jang dahar sapopoe oge kadang- kadang sok milu mihapekeun diri we ka tatangga deukeut imah,”ujar Mak Acih dalam bahasa logat sunda.
Program TMMD Kodim 0610 Sumedang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sumedang dengan mendahulukan daerah atau wilayah yang dianggap layak untuk terlebih dulu dikerjakan. Berdasarkan hasil pantauan dan survei para anggota serta kerjasama laporan dari para perangkat desa, garapan program TMMD dimulai dari infrastruktur, jalan, jemba­tan, penampungan air bersih dan lainnya, terutama rutilahu di tiap – tiap desa.

Made mengaku senang bisa membantu warga masyarakat melalui program TMMD . Diharapkan, agar warga masyarakat tidak merasa ada batas dengan para anggota TNI.
Karena TNI adalah bagian dari rakyat juga,warga masyarakat yang sama – sama ikut peduli terhadap warga masyarakat yang membutuhkan. “Program TMMD ini adalah wujud nyata TNI bersama rakyat, jadi warga masyarakat jangan segan atau takut kepada kami,karena kami sangat senang bisa membantu warga terutama masalah infrastruktur desa seperti saat ini,” ucapnya menambhakan . (E010)***