Ribuan Buruh PT Panasia Dirumahkan

69

Ratusan buruh yang tergabung dalam serikat pekerja seluruh indonesia, kabupaten Bandung, berdemonstrasi di gerbang PT Panasia Indo Resources, Rabu pagi. Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan ratusan buruh, terkait tiga ribu karyawan yang dirumahkan, karena kondisi perusahaan yang edan failed.

Dengan membawa sejumlah bendera serikat pekerja dan mobil bak terbuka, ratusan karyawan beraksi solidaritas di depan gerbang PT Panasia, Rabu pagi. Sebelumnya, massa long march dari Dayeuhkolot. Lalu, para demonstran yang terdiri dari pria dan perempuan ini, datang ke depan gerbang perusahaan.

Aksi ini menyuarakan keprihatinan terhadap nasib setidaknya tiga ribu karyawan Panasia yang tidak menentu. Perusahaan yang dipimpin sodara endriko, menutup operasional dengan waktu yang tidak ditentukan.

Menurut seorang karyawan, Juhana, mereka menolak phk, karena dianggap awal kesengsaraan bagi buruh. Mereka meminta dan mendorong manajemen perusahaan supaya menjalankan lagi organiasasi perusahan dengan seefisien mungkin, sehingga phk bisa dihindari. mereka pun akan berupaya demonstrasi lebih besar, jika belum ada kejelasan dari perusahaan.

Selain itu, buruh juga meminta bantuan pemerintah kabupatenB, khususnya bupati Bandung Dadang M Naser dan Disnaker kabupaten Bandung. Agar phk dihindari, dan perusahaan dapat kembali beroperasi.

Rezytia Prasaja, BandungTV.