Kemarau, Ratusan Warga Kekurangan Air Bersih

30

Hampir dua ratus kepala keluarga di kabupaten Cianjur, mengalami kesulitan air bersih, akibat kekeringan selama tiga bulan terakhir. Setiap hari, untuk mendapatkan air bersih, warga harus berjalan sepanjang lima kilometer ke mata air. Ratusan warga di kabupaten Cianjur pun antre air bantuan dari perumdan.

Beginilah suasana antrean warga kampung Ciputri, desa Mande, kecamatan mande, kabupaten Cianjur. Dengan membawa jerigen, ember, dan baskom, mereka menunggu giliran bantuan air bersih dari perumdam kabupaten Cianjur. Meski harus antre, warga rela menunggu, demi mendapatkan air bersih untuk kebutuhan memasak di rumah masing-masing.

Menurut warga, susahnya mendapatkan air bersih sudah sejak tiga bulan terakhir. Meskipun mendapatkan air, warga harus berjalan kaki ke hutan sejauh lima kilometer dari perkampungan warga.

Krisis air bersih sering terjadi setiap tahun. Namun, di tahun ini, terjadi krisis air bersih yang terparah. Sedikitnya ada dua ratus ratus kepala keluarga di tiga kampung, kesulitan air bersih selama beberapa  bulan. Sumur-sumur warga juga sudah kekeringan.

Warga berharap, pemerintah memberikan solusi terkait masalah ini, dengan membuatkan sumur bor, supaya krisis air bersih tidak terjadi lagi di setiap musim kemarau.

Heri Setiawan, BandungTV.