Hati-hati, Google Memata-matai Suara Anda

52

ANDA mungkin tahu bahwa Google melacak semua yang Anda ketikkan ke dalam bilah penelusurannya, sama seperti memindai email untuk menganalisis konten Anda.

        Tetapi, yang mungkin tidak Anda sadari adalah Google ‘diam-diam’ juga merekam Anda. Jika Anda menggunakan fitur kontrol suara Google, biasanya diminta setelah mengatakan ‘OK Google’ atau menekan ikon mikrofon, semua yang telah Anda bicarakan dengan layanan tersebut telah direkam, atau dicatat ke dalam sistem pencarian Google.

        Data ini selanjutnya digunakan oleh mesin pencarian raksasa tersebut untuk menyimpan riwayat penelusuran Anda dan memperbaiki sistem pengenalan suara Google. Untungnya, Google mengizinkan Anda untuk mendengarkan perintah baru Anda dan menghilangkan jejak pencarian itu.

        Melansir laman TIME, Senin 8 September 2017, ada cara jitu untuk menghapus semua file yang telah Anda pakai sebelumnya. Jika Anda mengunjungi situs Riwayat Google dan membuka tab Aktivitas Suara dan Audio, Anda dapat mendengarkan semua hal yang pernah Anda katakan kepada Google dan menghapusnya.

        Selain itu, Anda juga bisa mengubah pengaturan untuk memastikan, agar Google tak menyimpan data Anda lagi.

        Beda halnya dengan Siri dan Cortana. Meski kedua sistem suara milik Apple dan Microsoft ini telah merekam apa yang dikatakan penggunanya, tetapi belum ada cara untuk menghapus rekaman tersebut.

        Echo milik Amazon juga menyimpan data Anda saat bertanya. Sistem yang disematkan ke dalamnya dirasa sangat menakjubkan, karena untuk menyalakan Echo, Anda hanya perlu mengatakan “Echo, nyala” dan teknologi ini akan melayani Anda setelahnya. Seperti Google, sejarah  pencarian Anda di Amazon juga bisa dihilangkan. (C-003)***