Area Traffic Control System (ATCS)

47

Menumbuhkan Kesadaran Pengguna Jalan Disiplin Berlalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bandung menempatkan sejumlah kamera pemantau di beberapa persimpangan jalan untuk memantau kedisiplinan para pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor.

Jika didapati pengendara melakukan pelanggaran, seperti berhenti melebihi batas depan hingga di atas zebra cross atau kendaraan roda empat yang berhenti di ruang henti khusus motor, secara langsung petugas Dishub Kota Bandung yang berada di Area Traffic Control System (ATCS) akan langsung menegur melalui pengeras suara yang dipasang tepat di atas persimpangan jalan Sepuluh orang petugas Dishub Kota Bandung akan bergantian setiap harinya untuk mengingatkan pengendara agar tertib dalam berlalu -lintas.

Penggunaan kamera pemantau Area Traffic Control System (ATCS) di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung masih belum dijadikan bukti untuk penindakan terhadap pelanggar aturan lalu lintas. Sejumlah tahapan masih harus ditempuh, dengan membenahi beberapa basis data tentang kepemilikan kendaraan.

Kepala Seksi Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, Sultoni menuturkan, bahwa pantauan lalu lintas melalui cctv merupakan program yang diinisiasi oleh komunitas ”Relawan Intip Bandung” dengan tujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa disiplin serta tertib dalam berkendara. Ia menuturkan, selama program berjalan paling banyak pelanggar adalah pengemudi sepeda motor. Kebanyakan pelanggarannya berupa tidak menggunakan helm, berhenti melewat garis di lampu merah, hingga melawan arus.

Untuk pengemudi mobil, pelanggaran yang sering dilakukan ialah berhenti di ruang henti khusus (RHK) untuk sepeda motor. Teguran secara langsung melalui pengeras suara dapat menjadi sanksi sosial bagi masyarakat yang melanggar aturan. Mereka yang melanggar diharapkan menjadi jera dan bagi yang tidak melanggar dapat teredukasi untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. (E-002)***