Hari Rabies Sedunia, Puskeswan Beri Vaksin Gratis

43

Dalam rangka hari rabies sedunia yang jatuh pada Kamis 28 September, pusat kesehatan hewan kota CimahiĀ  memberikan vaksin rabies secara gratis. Vaksin tersebut diberikan kepada warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, dan kera.

Bertempat di kantor pusat kesehatan hewan kota Cimahi, sejumlah warga yang memilki hewan peliharaan berdatangan untuk memvaksin hewan peliharaannya. Vaksin tersebut disiapkan petugas kesehatan hewan secara gratis.

Ramainya kunjungan pasien terkait peringatan hari rabies sedunia ke-11, yang jatuh pada 28 September 2017. Apalagi, puskeswan menggelar pelayanan vaksinasi rabies gratis, serta pelayanan sterilisasi pada kucing dan anjing betina, juga kebiri bagi kucing dan anjing jantan.

Sejumlah warga mengaku, mereka mengantarkan hewan peliharaan untuk divaksin rabies secara gratis, serta memeriksakan kesehatan sang hewan. Warga pun berharap, dengan vaksinasi, populasi hewan yang terjangkit rabies dapat berkurang.

Sementara itu, koordinator puskeswan cimahi, dokter hewan Irfan Fajar menuturkan, hari rabies sedunia diperingati untuk mengingatkan semua orang, setiap hari satu orang meninggal dunia karena rabies. Kegiatan gebyar vaksinasi rabies dilaksanakan, untuk mempertahankan agar kota Cimahi tetap bebas rabies, dengan sasaran anjing, kucing, dan kera atau monyet.

Selain vaksinasi dan pelayanan pengendalian populasi yang digelar sejak Senin kemarin. Petugas puskeswan juga memberi penyuluhan diantaranya dengan membagikan leaflet tentang rabies.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.