Cara Hapus Jejak Pencarian Ok Google

31

Ketika Anda melakukan pencarian pada mesin pencarian Google, Google selalu menyimpan catatan pencarian untuk data yang akan dijual kepada pengiklan. Tetapi tahukah Anda, data pencarian menggunakan suara atau fitur Ok! Google juga tersimpan lengkap?

Penggunaan fitur suara Google atau Ok! Google mungkin menyadarkan pengguna bahwa perusahaan menyimpan rekaman suara yang diterima sebagai sebuah perintah. Pada perangkat Android, sistem kontrol suara dari Google harus menampilkan daftar setiap perintah yang Anda berikan.

Beberapa tahun lalu, Google meluncurkan portal baru untuk semua aktivitas yang terkait dengan akun Google. Di mana Anda dapat mengelola setelan privasi, melihat apa yang Anda telusuri, dan tempat atau lokasi di mana Anda masuk akun Google.

Terkadang juga telusuran yang Anda lakukan di mesin pencarian Google mungkin sedikit private atau rahasia. Anda cukup membuka www.history.google.com/history/audio pada komputer atau ponsel pintar untuk menghapus histori pencarian dengan memasukkan akun Gmail Anda.

Dilansir dari Gizbot, Senin (25/9/2017), ini langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus histori pencarian lewat fitur Ok! Google langsung dari perangkat pintar Anda. Atau bahkan dapat memilih histori tertentu untuk tidak dihapus.

Pertama, Anda perlu membuka browser dan pilih ikon 3 titik pada bagian kanan atas browser. Kemudian pilih menu Hapus, pada bagian ini Anda dapat memilih histori seperti apa yang ingin dihapus atau ingin disimpan.

Ketiga, pilih menu Advanced kemudian pilih menu Semua Waktu atau All Time untuk memudahkan pilihan penghapusan histori pencarian dalam kurun waktu tertentu. Terakhir Anda dapat mengklik Delete setelah memilih kurun waktu tertentu serta histori pilihan yang ingin Anda hapus. (C-003/ahl)***