Mengatasi Rem Cakram Macet

85

Rem merupakan komponen vital sebuah kendaraan bermotor. Rem berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat laju , tanpa ada rem kendaraan sulit untuk berhenti atau diperlambat sesuai dengan keinginan pengendara. Jenis rem, khususnya pada sepeda motor, ada sistem rem kampas dan cakram. Ketidaknormalan rem akan membahayakan pengguna sepeda motor, apalagi rem cakram macet. Berbagai kerusakan sering terjadi pada komponen rem motor, seperti rem macet. Terkadang rem cakram ada yang berbunyi, atau suara abnormal.

Bagaimana jika rem cakram macet ? Rem saat ditarik terasa keras atau berat, itu artinya rem macet. Rem macet diakibatkan piston rem yang macet atau tidak bisa terdorong oleh minyak rem. Piston rem yang macet akibat banyak faktor. Bisa akibat karat, kotoran atau debu, bisa juga adanya kotoran yang masuk dari minyak rem. Kali ini kita coba membongkar rem yang macet agar bisa kembali normal.
Rem cakram macet akibat piston rem yang tidak terdorong oleh minyak rem sehingga terasa berat. Untuk itu perlu membongkar rumah piston.
Alat yang digunakan :
1. Kunci pas ukuran 17
2. Kunci pas ukuran 10
3. Kunci L
4. Wadah penampung
5. Lap
6. Angin/kompresor

Langkah membongkar rumah piston rem cakram:
• Posisikan motor dengan standar utama atau standar tengah.
• Lepaskan roda depan motor dengan melepas baut as roda.
• Lepaskan kaliper rem dari dudukan yang menempel dengan shock beker
• Lepaskan selang rem dari kaliper dan keluarkan minyak rem, gunakan wadah/nampan untuk menampung minyak (hati-hati karena jika terkena tangan bisa iritasi dan gatal).
Keluarkan piston dari kaliper dengan menariknya, jika sulit gunakan kompresor untuk mengeluarkan piston, tiup dari lubang masuknya oli rem.

Bersihkan piston dari kotoran atau karat dan periksa dari kemungkinan luka goresan, jika kotoran karat susah dibersihkan gunakan kumpon untuk membersihkannya, kumpon selain membersihkan karat dan kotoran juga menghaluskan permukaan piston yang tergores tipis.
• Bersihkan juga silindernya
• Pasang kembali piston yang sudah dibersihkan dengan ringnya
• Isi kembali minyak rem baru pada master silinder rem
• Buang udara yang terjebak di dalam sistem rem karena akan mengganggu proses pe­ngereman
• Lakukan tes untuk memastikan rem sudah tidak lagi macet. (E-002/BBS)***