Kontes Kendaraan Hias di Festival Cihideung

29

Warga Cihideung, kecamatan Parompong, kabupaten Bandung Barat, mengikuti kontes menghias motor. Menariknya, motor dihias bukan dengan aksesoris pada umumnya, tapi dengan berbagai jenis bunga.

Lomba menghias motor dengan beraneka aksesoris motor mungkin sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang. Tapi, ada yang unik dalam sebuah perhelatan  di desa Cihideung, kecamatan Parompong, kabupaten Bandung Barat. Warga desa Cihideung mengikuti kontes menghias motor. Menariknya, motor dihias bukan dengan aksesoris pada umumnya, tapi dengan beraneka jenis bunga.

Peserta kontes satu persatu memamerkan motor yang sudah dihias dengan beraneka bunga. Tapi, ada juga yang menghias dengan hasil panen. Hal ini selain kota wisata, Bandung Barat juga sebagai daerah penghasil sayuran.

Kontes motor hias ini merupakan rangkain Festival Cihideung yang digelar tiap tahun. Tidak kalah menarik, ibu-ibu juga turut meriahkan perhelatan ini, dengan lomba menghias tumpeng. Tumpeng dihias dengan buah dan sayuran seperti tomat, cabai, timun, dan lainnya, Hasil petani setempat.

Diharapkan, warga pun semakin mencintai dan melestarikan kearifan lokal.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.