Peluang Usaha Kreatif Bernilai Seni

51

KINI industri kreatif mulai digadang-gadangkan sebagai bentuk peluang usaha yang sangat cocok dikembangkan di Indonesia.

Dinamakan industri kreatif karena dalam proses pembuatan produk terdapat proses kreatif seperti mendesain dan menggambar atau melukis, seperti halnya peluang usaha kreatif berikut :

Print 3D

Mencetak menggunakan media kertas sudah biasa, namun bagaimana halnya jika suatu benda dapat dicetak secara 3 dimensi, membentuk seperti aslinya? Ini baru salah satu peluang usaha kreatif yang dapat Anda coba geluti.

Walaupun terbilang baru, namun beberapa orang sudah mulai mengembangkan bisnis ini. Menarik memang ketika hasil print dapat diwarnai dan dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti hadiah atau suvernir.

Print 3 dimensi ini menggunakan printer khusus yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencetak sebuah objek.

Daur Ulang Plastik

Prihatin melihat kondisi lingkungan dengan sampah yang tidak terhitung lagi jumlahnya? Sedih melihat berbagai sampah plastik mengambang di lautan dan mencemari lingkungan?

Mungkin Anda dapat mencoba peluang usaha kreatif yang satu ini : daur ulang plastik yang dirangkai membentuk tas atau barang lainnya yang berguna.

Modalnya bisa dibilang cukup murah karena memanfaatkan plastik daur ulang. Dari modal yang kecil, keuntungan yang Anda dapatkan bisa berlimpah ruah.

Rajutan Tangan

Bagi Anda yang senang merajut, pasti memiliki benang-benang yang belum dirajut hasil sisa proses merajut sebelumnya. Jangan didiamkan saja, jadikanlah hal ini sebagai salah satu peluang usaha kreatif yang dapat Anda jalankan.

Bisnis rajutan memang terkadang memakan waktu lebih lama dari mulai konsumen memesan hingga rajutan selesai, namun harga yang ditawarkan cukup mahal pula, sebanding dengan sulitnya memfokuskan diri untuk merajut dan meniti pola.

Puding 3D

Bisnis puding susu mungkin sudah biasa, berbeda halnya dengan puding 3D. Pernah melihat jelly transparan yang di dalamnya ada berbagai macam hiasan 3 dimensi?

Inilah salah satu peluang usaha kreatif bagi Anda yang cinta seni. Terdapat trik tersendiri untuk membuat puding 3D.

Pertam-tama, puding transparan dibuat, lalu kemudian disuntikkan dengan berbagai macam warna di dalamnya, sehingga membentuk objek 3 dimensi seperti bunga dan daun yang tenggelam di dalam puding.

Perhiasan Wanita

Untuk Anda yang menyukai barang-barang Do It Yourself, terutama perhiasan, peluang usaha kreatif yang satu ini perlu Anda coba. Modalnya hanya 3 : manik-manik, benang, dan kreativitas.

Manik-manik juga dapat diganti dengan bahan lain, seperti misalnya salah satu pekerja seni yang menggunakan kertas yang digulung tebal untuk menggantikan manik-manik sebagai bahan pembuatan gelang.

Bisnis kreatif ini juga cukup menarik minat para wanita, karena siapa yang tidak senang bila diberikan perhiasan cantik dan unik.

Daur Ulang Pakaian

Punya segudang pakaian bekas yang masih terlihat cukup baik dan sayang dibuang? Bisniskan saja menjadi daur ulang pakaian.

Ada berbagai macam cara untuk mendaur ulang pakaian, dari mulai menggabungkan beberapa bahan yang terlihat cocok untuk digabung, hingga mengubah bentuknya dengan memotong dan menjahit kembali menjadi model yang sedang populer.

Untuk mendaur ulang pakaian, tentunya diperlukan keahlian khusus di bidang jahit-menjahit sehingga daur ulang terlihat lebih keren dari model sebelumnya. Bisnis kreatif yang satu ini juga cukup menjanjikan keuntungan yang besar dari modal yang kecil bahkan nol.

Buket Bunga Artifisial

Berbagai macam momen yang membahagiakan selalu disertai dengan bunga, seperti wisuda, perayaan ulang tahun, perayaan kelulusan, dan sebagainya. Hal ini menjadi peluang yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Karena itu, banyak mahasiswa atau anak muda yang memulai peluang usaha buket bunga artifisial, menggunakan kain flanel atau bahan lainnya, sehingga buket bunga yang diberikan pada orang yang sedang berbahagia tidak mudah layu dan dapat disimpan hingga lama.

Karikatur Wajah

Peluang usaha kreatif yang produknya berupa karikatur wajah juga kini sedang tren dan banyak peminatnya.

Biasanya karikatur diberikan kepada seseorang di hari spesialnya, baik itu ulang tahun, wisuda, pernikahan, dan lainnya. Para seniman yang pandai melukis sangat tepat untuk menggeluti dunia bisnis ini.

Agenda Tahunan Custom

Setiap dimulainya pergantian tahun, peluang bisnis kreatif berupa agenda tahunan mulai meningkat penjualannya. Para pegiat industri kreatif ini juga memiliki desain yang sangat keren dan dapat di-request sesuai dengan keinginan pelanggan.

Agenda berbentuk buku yang berukuran sedang ini biasanya juga memiliki gambar dan berbagai tabel yang membantu Anda merencanakan target-target di masa depan. Cocok sekali sebagai peluang usaha anak muda yang mandiri.

Bantal Lukis

Lukisan di atas kertas sudah biasa, namun jika sarung bantal yang dijadikan kanvas untuk melukis? Tentunya menarik untuk Anda yang sedang sibuk mencari kado bagi orang tercinta.

Bisnis lukisan yang ditempelkan pada gambar ini biasanya berupa karikatur atau kata-kata yang unik seperti ‘Just Married’ atau ‘Happy Anniversary’ untuk orang-orang tercinta. (C-003/BBS)***