Tilang CCTV Mulai Berlaku di Kota Bandung

26

Terhitung sejak Rabu empat Oktober 2017, tilang berbasis rekaman cctv di kota Bandung, mulai diberlakukan. Rekaman gambar tersebut akan menangkap pelanggaran sekaligus menjadi bukti proses tilang cctv. Meski banyak direspon positif, tak sedikit pengendara yang belum mengetahui tilang berbasis CCTV.

Pengguna kendaraan yang memasuki kota Bandung harus mulai disiplin, jika melintas di setiap persimpangan atau trafic light di kota kembang. Pasalnya, terhitung sejak Rabu empat Oktober 2017, tilang berbasis rekaman cctv di kota bandung, mulai diberlakukan.

Saat ini, infrastruktur kamera pemantau telah dimiliki kota yang berjuluk Paris Van Java ini. Di sejumlah titik persimpangan jalan sudah terpasang cctv lengkap dengan pengeras suara, yang terhubung langsung ke area traffic control system di Balaikota Bandung.

Dalam pelaksanaanya, kepolisian akan memperhatikan para pengendara melalui cctv. Rekaman gambar pada cctv tersebut akan menangkap pelanggaran sekaligus menjadi bukti proses tilang.

Meski banyak direspon positif, tak sedikit pengendara yang belum mengetahui tilang berbasis cctv ini. Kurangnya sosialisasi menjadi salah satu alasan, banyak pengendara yang belum mengetahui tilang berbasis cctv.

Sistem tilang berbasis rekaman cctv di kota Bandung, akan dberlakukan mulai jam enam pagi hingga enam sore untuk sementara. Kelak, tilang cctv akan berlaku secara permanen.

yuwana kurniawan, bandung tv.