Imunisasi MR Gratis Diperpanjang Hingga 14 Oktober

22

Pemerintah indonesia memperpanjang waktu pemberian imunisasi measles rubela atau mr gratis hingga 14 oktober, untuk 6 provinsi di indonesia, salah satunya jawa barat. masih adanya lima koma empat persen anak-anak di jawa barat yang belum diimunisasi mr, membuat perpanjangan waktu diberikan.

Hingga kamis sore, tercatat 94 koma 6 persen anak di jawa barat sudah diimunisasi measles rubela atau mr. berdasarkan data dinas kesehatan provinsi jawa barat, terdapat 6 kabupaten kota yang belum berhasil melaksanakan program imunisasi mr, yaitu kabupaten bogor, kota depok, kabupaten dan kota bekasi, kota cimahi, serta kabupaten bandung. tercatat, sudah ada 11 juta 366 ribu 426 anak yang sudah diimunisasi, dari target 12 juta 112 ribu 185. hambatan dialami pemerintah melalui dinas kesehatan dalam seratus persen mengimunisasi mr anak di jabar, terutama karena adanya pemberitaan buruk soal imunisasi seperti yang terjadi di bogor, hingga buruknya infrastruktur komunikasi seperti di kabupaten sukabumi.

Menurut kepala perwakilan unicef untuk jawa, arie rukmantara, imunisasi merupakan hak dasar anak sehingga wajib untuk dipenuhi. jika hak anak sudah dilindungi, ekonomi masyarakat indonesia pun akan membaik. harus ada pemerataan imunisasi di seluruh daerah, bahkan hingga seratus persen pencapaian. jika tidak, masih ada kemungkinan anak di indonesia tertular penyakit campak dan rubela dari anak yang belum terimunisasi. pihaknya pun menargetkan melenyapkan campak dan rubela di indonesia pada tahun 2020.

Sementara itu, kepala seksi survailence dan imunisasi dinas kesehatan jawa barat, yus ruseno mengimbau agar masyarakat jabar segera mengimunisasi mr anaknya di puskesmas terdekat.

Pengadaan vaksin mr yang saat ini disuntikkan secara gratis kepada anak-anak di indonesia dipastikan paling aman. pengangkutannya pun dikawal sangat ketat, dengan mesin pendingin berstandar internasional.

Budi hartati, bandung tv.