Polda Jabar Bongkar Pengoplosan Merica Dan Ketumbar

30

Petugas direktorat kriminal kusus polda jabar, berhasil mengungkap kasus merica dan ketumbar oplosan, yang diproduksi di sebuah rumah di kawasan cirebon. dari tangan tersangka, petugas menyita tiga ton lebih merica dan ketumbar oplosan, beserta bahan bakunya.

Tiga koma tujuh ton merica dan ketumbar oplosan, disita petugas direktorat kriminal khusus polda jawa barat, dari sebuah rumah yang dijadikan tempat produksi oleh tersangka i, di cirebon, jawa barat. selain merica dan ketumbar yang sudah dioplos untuk diedarkan, petugas juga menyita bahan baku oplosan seperti cabai kering, batang cabai, serta jagung.

Modus yang dilakukan tersangka dalam memproduksi merica dan ketumbar oplosan tersebut, yakni tujuh puluh persen bahan baku seperti cabai kering, batang cabai, dan jagung yang sudah dilembutkan, dicampurkan dengan tiga puluh persen bubuk merica dan ketumbar asli.

Menurut kapolda jabar, irjen pol agung budi maryoto, tersangka sudah beroperasi selama lima tahun, dan menjual oplosan tersebut ke sejumlah pasar tradisional di jawa barat. dalam sebulan, tersangka dapat memproduksi lebih dari lima ton bubuk merica dan ketumbar oplosan.

Petugas masih terus mengembangkan kasus ini dengan mengejar sejumlah konsumen yang memesan. sementara itu, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka terpaksa mendekam di sel tahanan mapolda jabar, dan dijerat pasal 140 undang-undang tentang pangan, dengan hukuman dua tahun penjara serta denda empat milyar rupiah.

Yuwana kurniawan, bandung tv.