Atraksi Tarung Pejalin, Explore Desa Wisata Selong Belanak

24

Pusat Studi Desa Indonesia kembali menggelar kegiatan di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tanggal 1 dan 2 Oktober 2017.Agenda kegiatan PSDI di Selong Belanak tidak jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya di beberapa desa di seluruh wilayah Indonesia. PSDI sebagai lembaga dengan kegiatan utama melakukan upaya percepatan pertumbuhan ekonomi perdesaan, melihat bahwa kawasan Selong Belanak memiliki potensi untuk lebih berkembang terutama di bidang potensi wisata.

Explore Desa Wisata Selong Belanak menitikberatkan kepada,pemberian informasi wisata serta budaya kawasan,agar makin banyak dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan terdiri atas berbagai lomba dengan mengedepankan potensi wisata Selong Belanak,baik destinasi wisata maupun keanekaragaman budaya masyarakat.

Lomba fotografi,lomba perahu motor,lomba menulis essay bagi pelajar sekolah dasar,expo kearifan lokal serta atraksi kesenian daerah adalah beberapa kegiatan utama dalam Explore Desa wisata Selong Belanak. Pada hari pertama kegiatan dimulai dengan lomba essay tentang potensi desa wisata Selong Belanak,lomba ini diikuti oleh puluhan siswa dari beberapa sekolah dasar di desa Selong Belanak.Sedangkan di kawasan pantainya lomba perahu motor dengan peserta para nelayan setempat yang berlangsung seru.

Rangkaian kegiatan explore desa wisata Selong Belanak tidak hanya berlangsung di satu lokasi saja,tidak jauh dari kawasan pantai Selong Belanak diadakan lomba surfing dengan peserta puluhan surfer lokal.Lomba surfing dilakukan di pantai Mawi. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi surfing terbaik di dunia.Lomba berlangsung pagi hari, para surfer melakukan berbagai trik menari di atas ombak untuk mencapai nilai tertinggi yang diberikan para juri.Kriteria penilaian lomba surfing sangat ketat,hanya surfer dengan kemampuan mumpuni yang bisa meraih nilai tinggi.

Tingkat kesulitan surfing di kawasan pantai Mawi sangat menantang para peserta lomba, mereka melakukan berbagai cara agar bisa menaklukan ombak setinggi 5 meter.
Menjelang sore peserta kegiatan diajak untuk melihat aktivitas kaum perempuan Selong Belanak dalam melakukan sebuah tradisi turun temurun sejak ratusan tahun. Kegiatan menenun berbagai kain dan motifnya harus dikuasai oleh para perempuan. Untuk menghasilkan kain tenun dengan motif khas suku Sasak bukan perkara gampang, dibutuhkan berbagai proses rumit agar jalinan benang ini menjadi kain.

Untuk membuat kain dengan berbagai motif ini, para perempuan bisa menghabiskan waktu hingga satu bulan setengah.Oleh karena itu tidak heran kain ini dihargai cukup mahal,hal ini sangat wajar karena proses pembuatannya melalui berbagai proses rumit.Menjelang sore para fotograper menghabiskan waktu dikawasan Selong Selo untuk mengabadikan kawasan Desa Selong Belanak dari atas ketinggian. Pada hari kedua Wakil Bupati Lombok Tengah datang ke lokasi kegiatan,sekaligus memberikan sambutan.Sebelum memberi sambutan , Wakil Bupati disambut dengan atraksi kesenian gendang beleq, kesenian ini merupakan kesenian khas daerah Selong Belanak.

Dalam sambutannya Wakil Bupati berpesan agar menjaga berbagai potensi wisata yang ada, sehingga bisa digunakan untuk mensejahterakan masyarakat sendiri.Usai sambutan dari Wakil Bupati, Edi Sabara selaku Ketua Umum PSDI mengatakan,emberdayaan ekonomi masyarakat desa harus terus dilakukan. Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa akan mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat desa meningkat . Kegiatan dalam Explore Desa wisata Selong Belanak makin meriah dengan atraksi tradisi peresean .

Sebuah atrakasi pertaru­ngan antara dua laki – laki bersenjatakan rotan atau penjalin dan perisai kulit kerbau yang disebut ende.Pada masa lalu tradisi ini dilakukan untuk melatih ketangkasan para pemuda.Kini peresean menjadi atraksi untuk menyambut tamu atau wisatawan.Pada kesempatan ini jajaran anggota PSDI serta Ketua Umum PSDI sempat bertarung untuk merasakan atmosfer keberanian para pemuda suku Sasak. Menjelang sore kegiatan Explore Desa Wisata Selong Belanak ditutup, ditandai dengan pembagian hadiah untuk pemenang berbagai macam lomba . PSDI berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kunjungan pelancong ke Selong Belanak. (E-001) ***