Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang Garut, Terbentuk Sejak Zaman Kolonial

27

Selain terkenal dengan dodol, ada oleh oleh lain khas Garut yang lama dikenal masyarakat , yakni kerajinan berbahan dasar kulit. Industri kulit di Garut telah berkembang sejak zaman kolonial Belanda, sekitar tahun 1920-an. Saat itu alat alat untuk menyamak kulit didatangkan langsung dari Belanda.Hingga kini alat – alat tersebut masih dipakai oleh para penyamak kulit . Sentra utama pembuatan pakaian, aksesori, dan jaket kulit di Kabupaten Garut adalah Desa Sukaregang. Desa yang terletak tidak jauh pusat kota , bak Milan di Italia atau Paris di Perancis.

Begitu Anda datang ke sana, tampak berjejer toko yang menjual jaket kulit dengan aneka motif dan model mengikuti tren fashion terbaru dewasa ini. Para pedagang yang biasanya memiliki mitra perajin kulit , juga memajang topi, dompet, dan tas yang semuanya berbahan kulit dengan selisih harga jauh bila Anda membeli di kota-kota besar, seperti Bandung dan Jakarta.Perbedaan harga produk kulit Sukaregang sangat signifikan,untuk jaket kulit dijual mulai harga Rp 800.000, tergantung kualitas kulitnya. Untuk jaket kulit seharga Rp 800.000 Kota Bandung misalnya bisa seharga Rp 1,5 juta.

Setali tiga uang untuk produk lain berbahan kulit , selisih harga r bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Industri kulit di Kabupaten Garut saat ini mampu menyerap ribuan tenaga kerja. Besarnya tenaga kerja yang terserap sejalan dengan besarnya permintaan berbagai produk berbahan kulit, berupa tas, sepatu jaket kulit dan aksesoris yang terus mengalir dari daerah luar Kabupaten Garut , antara lain dari Bandung, Jakarta, serta beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali , bahkan Sumatera.

Pantas bila perajin jaket kulit di Garut tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan perajin kulit di daerah-daerah lain, apalagi kini jaket kulit dari Kabupaten Garut sudah menebus pasar mancanegara , antara lain Singapura, Malaysia, Taiwan, dan Jepang.

Bagi masyarakat Sukaregang industri kulit tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupannya,produk produk barang dari kulit ini menjadi tulang punggung perekonomian warga Sukaregang.Desain barang barang kulit biasanya perpaduan dari perajin Sukaregang dan permintaan konsumen.

Saat ini desain kerajinan kulit Sukaregang tidak kalah dengan produk dari luar.Bahkan beberapa produk kulit seperti sepatu dan jaket desainnya sangat kekinian dan mengikuti perkembangan mode.Keuntungan belanja produk kulit di sini ialah kualitas barangnya terjamin dengan harga kompetitif sangat jauh bedanya dengan harga produk kulit di kota-kota besar. (E-001) ***