Apple ‘Caplok’ Startup dari Prancis

14

BUKAN rahasia umum lagi jika Apple kerap ‘mencaplok’ startup kecil untuk meningkatkan teknologi di perangkat yang diproduksinya. Awal tahun ini, Apple disebut telah meminang startup Prancis, Regaind.

Di WWDC tahun ini, Apple mengumumkan bahwa iOS 11 akan memiliki aplikasi foto baru dan lebih baik. Hal itu berkat mechine learning dan AI atau kecerdasan buatan.

Tampaknya, beberapa kemajuan dalam teknologi ini hasil dari akusisi Regaind, startup Prancis yang dikenal dengan teknologi computer vision. Menurut Tech Crunch, Apple mungkin membeli Regaind awal tahun ini.

Dilansir dari Engadget, Senin (3/10/2017), API computer vision Regaind dikatakan memiliki kemampuan untuk menganalisis isi foto. Aplikasi Apple Photos telah memiliki fitur ini selama beberapa tahun, namun perolehan Regaind bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kemampuan ini lebih jauh lagi dan mengikuti aplikasi Photo Google bertenaga machine learning.

Seperti yang diklaim di situs Regaind, teknologi tak hanya bisa mengetahui isi foto Anda, tapi juga nilai teknis dan estetika mereka. Teknologi ini juga berguna untuk menyembunyikan duplikat, menemukan gambar terbaik dalam serangkaian foto yang diambil, atau mengelompokkan gambar menurut warna dan acara.

Mungkin, teknologi ini akan mempermudah menemukan dan membuat album juga. Menariknya, Regaind juga bisa menganalisis wajah Anda untuk jenis kelamin, usia, dan emosi, yang terdengar mirip FaceApp.

Apple bisa menggunakan teknologi analisis wajah bukan hanya untuk melakukan trik selfie cool seperti Snapchat dan Instagram, tapi juga kekuatan fitur animoji-nya di iPhone X. (C-003)***