Bentuk Karakter Dan Bina Akhlak Melalui Kantin Kejujuran

40

Pendidikan merupakan wadah utama untuk membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa. pendidikan juga sebagai sarana utama membangun bangsa yang kokoh dan bermartabat. oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, kejaksaan dan kemendiknas berinovasi membuat kantin kejujuran. selain membentuk akhlak siswa berbuat jujur, hal itu juga mendidik siswa agar berpola makan sehat.

Konsep kantin kejujuran yang digagas kejaksaan negeri cianjur dan kementrian pendididkan nasional, melalui program tata kelola sekolah sengaja dibuat untuk membentuk karakter para siswa siswi sejak dini, agar jujur serta mematahkan sifat korupsi yang sudah membudaya.

Kantin kejujuran yang dibangun di samping sekolah seluas lima meter persegi ini, merupakan salah satu program tata kelola sekolah dari kementrian pendidikan nasional. terciptanya kantin kejujuran ini, bisa mendidik dan menguji siswa menumbuhkan perilaku jujur.

Dalam transaksi di kantin kejujujran ini, siswa juga bisa menikmati jajanan sehat serta higienis tanpa penunggu atau pelayan kantin. para siswa memilih bermacam makanan atau minuman yang sudah tercantum harganya. setelah itu, para siswa siswi membayar dengan uang pas yang dimasukan ke dalam kotak pembayaran.

Menurut siswa, dengan kantin kejujuran ini, selain murah harganya, mereka juga bisa mendapatkan makanan bergizi. semua siswa pun dituntut berperilaku jujur.

Kejaksaan negeri cianjur berharap, dengan kantin kejujuran ini, siswa mempunyai tanggung jawab moril terhadap perilakunya, sehingga menjadi anak yang sehat secara rohani serta generasi penerus yang berakhlak baik dan jujur.

Sementara itu, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten cianjur sangat mengapresiasi gagasan pihak kejaksaan negeri cianjur. kantin kejujuran dan sehat diharapkan menjadi contoh bagi sekolah lainnya. pihak dinas pendidikan akan berupaya agar seluruh sekolah dasar di kabupaten cianjur mempunyai kantin kejujuran dan sehat.

Heri setiawan, bandung tv.