Penyembuhan Pasien Narkoba Dengan Pencak Silat

244

Dua puluh pasien  narkoba dan kelainan perilaku, unjuk kemampuan pencak silat, dalam  kejuaraan pencak silat kedua se-jawa barat, di pondok pesantren narkoba dan kelainan prilaku bina akhlak, kabupaten cianjur, siang tadi.  pesantren sekaligus padepokan tersebut, mempunyai cara penyembuhan  pasien narkoba dengan metode pencak silat.

Inilah kondisi pondok pesantren bina ahlak, yang menampung setidaknya tiga ratus pasien, yang mengalami ketergantungan narkoba dan kelainan perilaku, di kampung sukawargi, desa babakan karet, kecamatan cianjur kota, kabupaten cianjur. metode penyembuhan di pondok pesantren ini, dengan terapi serta seluruh pasien yang mengalami ketergantungan narkoba dan kelainan perilaku, diberikan metode pencak silat.

Sebagai bagian dari pemulihan kesehatan , dua puluh pasien narkoba di pondok pesantren ini mengikuti  kejuaran pencak silat se-jawa barat. refi dan kifli, warga bandung dan kalimantan menuturkan, belajar pencak silat di pondok pesantren, membuat tubuh menjadi sehat dan bugar  kembali. selain itu, pencak silat sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan agama.

Menurut pimpinan pondok pesantren bina ahlak  dan padepokan silat cahya paroman, kyai haji jalaludin isa putra, dua puluh peserta kejuaraan pencak silat ini merupakan pasien ketergantungan narkoba yang tengah menjalani pemulihan. pencak silat merupakan bagian dari metode penyembuhan ketergantungan narkoba dan kelainan perilaku. untuk pemulihan, setiap hari, selama sejam,  pasien narkoba berlatih pencak silat dari beberapa aliran, seperti sahbandar, cimande dan maenpo atau pencak silat khas cianjur.

Selain metode penyembuhan, pencak silat harus tetap dilestarikan sebagai warisan budaya asli indonesia.

Heri setiawan, bandung tv.