Jokowi Janjikan Ekonomi Syariah di Lingkungan Pesantren

202

Joko Widodo mengunjungi pengurus pusat persatuan islam atau persis, di jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa malam. Presiden Joko Widodo menjanjikan pertumbuhan ekonomi syariah di lingkungan pesantren tanpa bunga. Jokowi pun menepis anggapan pemerintah hanya menjalin kedekatan dengan negara tertentu.

Di hadapan ratusan pengurus Pusat Persatuan Islam atau Persis se-Bandung Raya, di kantor Persis, presiden Joko Widodo menjelaskan kedekatannya dengan negara-negara Timur Tengah, untuk investasi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo yang didampingi gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Walikota Bandung, Ridwan Kamil, dan ketua PP Persis, Maman Abdurahman, menyampaikan telah melakukan pendekatan kerjasama selama tiga tahun dengan beberapa negara Timur Tengah, mulai dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, hingga Qatar, yang akan berkunjung ke Indonesia, Rabu ini.

Kunjungan yang belangsung selama sejam tersebut, dimanfaatkan para pengurus untuk berinteraksiĀ mengenai beberapa isu nasional, bahkan mengenai perpu ormas dan kabar hoax mengenai PKI. Diharapkan, lawatan balasan presiden ke kantor Persis bisa menciptakan keterbukaan aspirasi dari kalangan ulama terhadap pemerintah.

Pemerintah akan bekerja sama dalam hal investasi dengan negara-negara di Timur Tengah, karena Indonesia yang dikenal dengan jumlah muslim terbanyak, menjadi nilai lebih bagi negara Timur Tengah. Bahkan, presiden berjanji akan menghadirkan ekonomi syariah dan komunitas bisnis tanpa bunga di lingkungan pesantren, untuk menghadirkan kesejhteraan di lingkungan sekitar.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.