Kiat Aman Berkendara dari Marquez & Pedrosa

369

Dua pebalap MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, berbagi kiat aman dalam berkendara saat keduanya berada di Indonesia untuk berkampanye keselamatan yang berlangsung di BSD Tangerang, Selasa (17/10).

Pedrosa mengatakan, fokus dalam berkendara merupakan salah satu kunci untuk menjaga keselamatan, sedangkan Marquez mengingatkan agar pengendara selalu menggunakan alat-alat pelindung saat berkendara, misalnya helm.

“Tentu saja keamanan adalah hal utama. Kami adalah pebalap, kami membalap dengan maksimal untuk mencari waktu tercepat,” kata Pedrosa di hadapan para siswa SMK Teknik Sepeda Motor (TSM) dan komunitas Honda CBR.

Ia menyebutkan tiga hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga keselamatan saat menunggangi sepeda motor, salah satunya adalah pengendara harus selalu fokus dengan kendaraannya juga dengan kondisi jalanan.

“Keamanan adalah yang pertama, harus sangat fokus, harus tahu kapan batasannya, dan memahami risikonya (jika memacu kendaraan secara cepat). Jadi yakinkan diri Anda untuk selalu ingat bahwa keselamatan adalah yang terpenting,” kata Pedrosa.

Pedrosa mengakui, sebagai pebalap, ia harus memacu kendaraan secepat-cepatnya di atas lintasan. Namun ia juga harus menjaga keselamatan dirinya agar terhindar dari kecelakaan.
“Yang kami lakukan dalam setiap balapan adalah bukan hanya menjadi yang tercepat. Memang harus cepat, tapi juga aman,” kata Pedrosa.

Tips berkendara aman di jalan raya dari Marquez dan Pedrosa:

1. Fokus.
Saat berkendara di jalan raya, kita mesti superfokus, karena segala hal bisa terjadi dalam tempo yang tak terduga.

2. Antisipatif.
Kita harus mampu mengantisipasi segala hal yang ditemui di jalan, sehingga terhindar dari risiko kecelakaan.

3. Sikap hati-hati selalu diikrarkan saat berkendara di jalan.
Coba selalu bersikap safety/aman dalam segala hal di jalan raya.

4. Gunakan perlindungan saat berkendara, seperti menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. (E-002)***