Longsor Tutup Akses Jalan di 2 Desa

19

Pasca hujan yang cukup deras, tebing setinggi  dua puluh lima meter longsor, dan menutup akses jalan penduduk. akibat hal tersebut, warga terhalang banjur. Akses jalan warga pun tertutup tanah longsor selebar tiga puluh meter. Aktifitas warga pun terganggu, karena jalan tersebut merupakan jalur utama untuk beraktivitas.

Beginilah kondisi tanah longsor di blok saung talahab, desa Cikoneng, Rancakalong, sumedang. peristiwa berawal saat hujan turun cukup lebat dari pagi hingga rabu malam. tebing setinggi dua puluh lima meter, dan lebar tiga puluh meter longsor dan menutup akses jalan warga, jalur alternatif bandung-sumedang menuju Subang. Untuk sementara petugas menutup akses jalan, karena tidak dapat dilalui kendaraan. warga pun kesulitan, karena tidak ada akses jalan lain. Jika memutar, setidaknya sejauh tiga puluh kilometer, dan memakan waktu satu jam.

Longsor ini menutup akses jalan di dua desa di kecamatan Rancakolaong. Aktifitas warga pun terganggu dengan kondisi tersebut. seperti yang diungkapkan Kanit Babinmas polsek Rancakalong, Aiptu M. Rahmat, yang turun langung untuk melakukan sejumlah tindakan.

Saat ini, upaya pengerukan terus diupayakan, meski terkendala sulitnya alat berat untuk masuk ke lokasi. Warga yang akan melintas disarankan mengambil jalur memutar Cadas Pengeran-Geleweing, dan sebaliknya dari arah Sumedang-Cadas Pangeran.

Diki Darusman, BandungTV.