Bawaslu Bentuk Gakkumdu Awasi Pilkada

19

Sentra penegakkan hukum terpadu atau Gakkumdu Jawa Barat yang terdiri dari tim Bawaslu, Kejati, dan Polda Jabar, secara resmi beroperasi mulai hari ini, setelah dibentuk senin sore di jalan asia afrika kota Bandung. Tim tersebut akan bekerja untuk mengawasi dan menindak pelanggaran pilkada serentak 2018, di Jawa Barat.

Dalam mengawasi indikasi-indikasi pelanggaran dalam Pilkada 2018, Bawaslu Jawa Barat membentuk tim sentra Gakkumdu, Senin sore. Tim ini akan bekerja pada tiap parpol yang melakukan mahar politik, dan akan mengawasi tahapan-tahapan dalam Pilkada.

Pengawasan dilakukan mulai dari verifikasi dan pendaftaran, kampanye, pemungutan dan perhitungan  suara, hingga rekapitulasi suara. Itu karena, saat tersebut rawan pelanggaran.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto mengatakan, tim tersebut sudah mulai bisa bekerja, dengan mengawasi sub tahapan pilkada, yang biasanya banyak  terjadi pelanggaran pemilu.

Tim Gakkumdu yang baru tebentuk, siap menerima laporan pelanggaran dari masyarakat ataupun peserta, dan akan memverifikasi pelanggaran baik yang bersifat administrasi ataupun kode etik dalam melaksanakan kampanye.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.