Ban Merupakan Fitur Keamanan Paling Utama

272

Semakin hari, pabrikan mobil mengklaim mobilnya dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan canggih. Sebut saja seperti fitur pencegah tabrakan, pendeteksi pejalan kaki dan fitur lainnya.

Fitur-fitur tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen ketika hendak membeli mobil, selain model dan  hematnya konsumsi BBM.

Tapi, tahukah jika fitur keamanan utama pada mobil adalah ban? Mengutip Reader’s Digest, Sabtu (25/11/2017) ban adalah salah satu fitur keamanan vital dalam mobil.

“Banyak orang tak paham soal ban. Mereka tak pernah terpikir soal ban ,”kata Consumer Education Specialist for Bridgestone Tire, Chris Welty.

Dari sekian banyak komponen dan kelengkapan vital  mobil, satu yang sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan saat berkendara adalah ban. Si karet bundar ini punya tugas menapakan mobil ke jalan dan menyalurkan energi mesin menjadi gerak mobil,  wajib selalu mendapat perhatian apalagi jika akan berkendara jauh keluar kota. Ban harus selalu dalam kondisi yang prima.

Pikirkan , saat kita mengendarai mobil di kala hujan atau kering, cuaca panas ataupun dingin, berhenti kemudian melanjutkan berjalan lagi. Kita hanya berpikir mobil bisa berjalan karena memang sudah seharusnya, padahal komponen ban yang menggeraknya.

Ban menjaga kita saat jalanan sedang licin atau bahkan di cuaca ekstrim sekalipun. Ban bisa menghentikan mobil ketika kita tiba-tiba melihat ada pejalan kaki menyeberang. Ban juga bahkan mempengaruhi suara bising yang ada dalam kabin.

Bayangkan jika kita mengendarai mobil dalam kondisi ban kempes pastinya lebih berisiko.

Banyak hal yang bisa dilakukan dan cukup sederhana. Sebagai Pengguna mobil cukup mengecek kondisi ban mobil sebulan sekali dan pastikan tekanannya  sesuai dengan yang disarankan pabrikan karena bisa berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. (E-002)***