Cuaca Buruk, Harga Sayuran Merangkak Naik

207

Cuaca ekstrem memasuki akhir tahun 2018, membuat harga sebagian harga sayuran naik. hal tersebut disebabkan berkurangnya pasokan komoditas sayuran ke pasar induk  kabupaten cianjur.

Dari hasil pantauan di pasar induk kabupaten cianjur, cuaca ektrem sebulan ini berimbas pada kenaikan harga sebagian sayuran. hal tersebut karena kurangnya pasokan sayuran dari petani.

Harga beberapa komoditas sayuran yang naik, diantaranya bawang merah dari 20 ribu menjadi 24 ribu, tomat dari 5 ribu menjadi 10 ribu, dan cabai merah dari 28 ribu menjadi 36 ribu perkilogram. rata-rata kenaikan mencapai 20 persen hingga 50 persen perkilogram.

Menurut kepala dinas perdagangan dan industri kabupaten cianjur, himam haris, memasuki november dan desember, pihaknya tetap mengendalikan harga di pasar bersama para bandar dan pedagang. sesuai arahan gubernur dan menteri perdagangan, jangan terpengaruh kondisi cuaca.

Sementara itu, harga yang masih stabil diantaranya daging sapi, yang masih di kisaran seratus sepuluh ribu perkilogram. pedagang pun berharap, harga sayuran kembali normal.

Heri setiawan, bandung tv.