Sepeda Motor Terbaru 2017

202

Sepanjang tahun 2017, setiap pabrikan motor berlomba dan menghadirkan varian terbarunya. Jika dihitung, sedikitnya ada 26 sepeda motor baru tahun 2017. Berikut terdapat beberapa sepeda motor yang dapat perhatian besar pada tahun 2017.

Suzuki GSX-R150
Di awal tahun 2017, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) melengkapi koleksinya de­ngan meluncurkan dua motor sport 150 cc tersebut dalam versi sport dan naked. GSX-R 150 yang dilengkapi fairing dan GSX-S 150 adalah versi naked-nya.
Suzuki GSX 150 series diklaim sebagai motor sport 150 cc dengan bobot yang pa­ling ringan di kelasnya.
Motor sport besutan Suzuki ini sudah memakai teknologi keyless, tidak ketinggalan lampu utama sudah memakai LED dan panel instrumen menggunakan LCD full digital.
SIS meniagakan motor sport 150 cc ini dengan dua harga, Rp 28,9 juta dan Rp 24,9 juta.

BMW G 310 R
Bukan hanya pabrikan mobil yang memanfaatkan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada April 2017 lalu untuk memamerkan produk terbarunya. BMW ikut mengenalkan motor dengan kubikasi mesin terkecilnya yang merupakan hasil kerjasama dengan TVS India.
Motor yang diberi nama BMW G 310 R ini , sebuah motor entry level dari BMW sehingga menjadi varian yang paling terjangkau kocek masyarakat Indonesia. Mesin berkubukasi 313 cc-nya mampu menyemburkan 33 daya kuda pada 9.500 rpm dengan torsi maksimumnya 28 Nm yang dicapai pada 7.500 rpm lewat 6 percepatan manualnya.

Yamaha XMAX Modifikasi
Keluarga Maxi Yamaha semakin lengkap dengan kehadiran Yamaha XMAX 250. Skutik besar tersebut awalnya sudah dipamerkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016. Namun saat itu, Yamaha hanya membuka pemesanan motor online tiap bulannya melalui laman website tersebut tanpa ada peluncuran resmi.
Hal ini tidak lepas dari kealpaan pesaing di segmen skutik 250. Pabrikan asal Jepang tersebut “terkesan” bermain sendiri, lantaran saingan terdekatnya Kymco Downtown 250i tidak jelas keberadaannya.

Honda CRF 150 L
Seakan tidak ingin melihat “geng hijau” bermain sendiri di segmen motor on/off atau trail, Honda melahirkan motor trail debutannya dalam wujud Honda CRF 150 L. Basisnya diambil dari Honda CRF 150 –yang tidak memiliki lampu, spion dan plat nomor sehingga tepat guna untuk kegiatan trail.
Alasan Honda menghadirkan varian trail ini karena melihat potensi pasar motor segmen on/off yang makin berkembang. Berbeda dengan produk Kawasaki, mesin Honda CRF 150 L sudah mengadaptasi teknologi injeksi ala Honda yakni PGM-FI yang menggunakan basis mesin Honda Verza.

Kawasaki W 175
Melihat rivalnya yang mengenalkan motor trail, Kawasaki justru melahirkan motor retro dengan mesin berkubikasi 175 cc. Dalam gelaran Kawasaki Bike Week November lalu, Kawasaki W 175 mendapat respon yang positif, dibuktikan dengan angka pemesanan yang mencapai 1.500 unit setelah 1 bulan motor ini resmi diluncurkan.

All new Kawasaki Ninja 250

Gebrakan lainnya dari Kawasaki adalah meluncurkan Kawasaki all new Ninja 250 pada gelaran Kawasaki Bike Week. Tampangnya kini lebih sipit dengan desain lampu utama yang makin tajam, bila melihatnya sekilas seperti Honda Vario 150.

Ninja yang diproduksi PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI), memiliki bobot keseluruhan yang lebih ringan. Beratnya kini hanya 167 kg, berselisih 5 kilo dari seri sebelumnya yang berbobot 172 kg. Tentu hal tersebut berpengaruh terhadap power to weight ratio yang lebih besar.

Dengan mesin berkubikasi 249 cc, dua silindernya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 38,4 dk pada 12.500 rpm, motor sport Kawasaki ini juga memiliki besaran torsi 23,5 Nm pada 10.000 rpm. KMI menjual Kawasaki all new Ninja 250 pada kisaran harga mulai dari Rp 61,9 juta pada tipe standar hingga Rp 72,4 juta rupiah untuk varian special edition.

Yamaha NMax model 2018
Satu minggu sebelum Honda mengenalkan all new Honda PCX, Yamaha terlebih dahulu mengenalkan Yamaha NMax model 2018.

Tidak ada yang berubah dari tampilannya, hanya saja jika kita lebih teliti, suspensi belakang motor ini sudah disematkan sub tank yang diklaim Yamaha untuk meningkatkan stabilitas motor saat berkendara.

Desain joknya kini dengan paduan bahan yang berbeda, pada sisi pengemudi akan terasa kasar tidak licin, sedangkan pada sisi penumpang lebih halus dan lembut. Tidak hanya itu, tampilannya ditambah dengan jahitan yang menguatkan kesan elegan dan mewah.
All New Honda PCX

Di penghujung tahun 2017, Honda mengakhiri penantian lama masyarakat Indonesia motor bongsor dari pabrikan asal Jepang ini yang dirakit di Indonesia. All new Honda PCX yang kini diproduksi di Sunter langsung menantang Yamaha NMax. Meski datang tanpa mesin hybrid atau listrik, all new Hoda PCX hadir de­ngan menggunakan mesin pendahulunya yang disempurnakan dengan beberapa komponen pada mesin Honda Vario 150.

Kini harganya tidak lagi membuat kita serasa membiaya uang muka rumah baru. Harganya sudah kompetitif dengan skutik bongsor keluaran Yamaha di kisaran Rp 27 hingga 32 juta. Skutik premium besutan Honda ini menawarkan fitur lengkap seperti port charger, keyless entry, sistem penge- reman ABS, bagasi yang luas, serta MID dengan tampilan futuristik.
AHM sebagai produsen akan mulai memproduksi skutik ini Januari tahun 2018. Maka mereka bernecana mulai mendistribusikan unitnya ke konsumen pada Februari 2018. (E-002/BBS)***