Awal Tahun, Harga Kebutuhan Pokok Naik

202

Memasuki awal tahun 2018, masyarakat harus dihadapkan dengan tingginya harga kebutuhan pokok. Seperti saat ini, harga daging ayam, telur, dan cabai naik tiga puluh persen, di pasar atas kota Cimahi, Rabu pagi. Kenaikan harga dikeluhkan para pedagang, karena membuat pembeli dan omset menurun.

Pada awal tahun 2018, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar naik. Seperti di pasar tradisional kota Cimahi. Harga cabai merah, bawang, dan wortel naik tiga puluh persen pada awal tahun baru ini.

Saat ini, harga cabe merah mencapai 60 ribu, sebelumnya 40 ribu rupiah perkilogram. Bawang merah dari 18 ribu menjadi 20 ribu rupiah perkilogram, dan wortel dari 10 ribu menjadi 14 ribu rupiah perkilogram.

Tak hanya sayuran, harga daging ayam dan telur pun naik. Kini, harga telur mencapai 26 ribu perkilogram, naik 4 ribu yang awalnya hanya 22 ribu rupiah. Sedangkan daging ayam dijual 38 ribu dari 32 ribu rupiah perkilogram. Kenaikan harga diakibatkan pasokan yang berkurang. Sejumlah pedagang mengeluhkan tingginya harga, karena mengakibatkan sepinya pembeli yang berdampak pada penurunan omset hingga 40 persen.

Para pedagang dan pembeli pun berharap, pemerintah ikut serta menstabilkan harga di pasaran, agar daya beli masyarakat kembali tinggi di awal tahun 2018.

algi muhammad gifari, bandung tv.