3 Bahaya Menjawab Telepon Tak Dikenal

280

DI era digital, layanan telepon masih tetap dibutuhkan orang. Meskipun, kini Anda bisa mengandalkan aplikasi untuk melakukan panggilan.

Nyatanya, hingga kini masih ada saja panggilan telepon dari nomor tak dikenal yang mungkin berasal dari orang iseng atau yang punya niat buruk terhadap kita.

Nah, supaya Anda lebih waspada, yuk simak bahayanya mengangkat dari nomor telepon tak dikenal berikut ini:

Rawan Penipuan via Telepon

Tak cuma SMS, penipu acapkali mengandalkan panggilan telepon untuk menipu targetnya.

Mereka bisa berpura-pura dengan membuat percakapan seprofesional mungkin untuk menipu si penerima telepon. Misalnya, meminta Anda untuk datang ke tempatnya atau mentransfer sejumlah uang.

Apabila Anda mendapat telepon dari instansi atau lembaga resmi, pastikan untuk mengecek nomor teleponnya, apakah nomor yang digunakan nomor ponsel pribadi atau nomor kantor. Biasanya, penipu menggunakan nomor pribadi dan mengaku-ngaku dari perusahaan tertentu.

Pencurian informasi

Bahaya lainnya adalah pencurian informasi pribadi Anda. Jangan pernah tertipu oleh oknum yang mengaku dari pihak bank atau penyedia kredit yang meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit beserta CVC, nomor rekening, dan alamat email.

Apalagi jika mereka sampai meminta informasi orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman Anda. Informasi tersebut akan mereka manfaatkan untuk melakukan aksi penipuan lain.

Nomor Anda Jadi Incaran

Banyak oknum jahat yang mengincar korbannya dengan menelepon nomor secara acak. Jangan sampai terjebak, sekali Anda mengangkat telepon dari nomor tak jelas, oknum tersebut akan menyimpan nomor Anda.

Bisa jadi, selanjutnya mereka akan menelepon Anda lagi dengan nomor berbeda dan modus yang berbeda juga. (C-003)***