Salah Satu Balon Perorangan Tak Penuhi Syarat

227

Komisi Pemilihan Umum kabupaten Bandung Barat tengah memverifikasi administrasi pasangan calon dari jalur perseorangan, yakni R-A Ikke Dewi Sartika-Uben Yunara Dada Priatna. namun, pada sidang pleno, pasangan tersebut dinyatakan tidak memenuhi persayaratan.

Berdasarkan syarat administrasi aturan perundangan, paslon perseorangan atau independen harus mampu membuktikan dukungan sebanyak 6 koma 5 hingga 10 persen dari total jumlah daftar pemilih tetap, dalam pilkada sebelumnya.

Verifikasi  lapangan pun dilakukan petugas  yang disebar dengan melibatkan anggota panitia pemungutan suara di 165 desa sekabupaten Bandung Barat. Namun, setelah diplenokan, pasangan pereorangan ikke Dewi Sartika dan Uben Yunara dinyatakan tidak memenuhi syarat. Hanya 18 ribu 250 kartu tanda penduduk yang sah. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat pun memberi waktu dua puluh hari, untuk pengumpulan dukungan 116 ribu 350 orang.

Sementara itu menurut tim sukses Ika-Uben, mereka akan melengkapi syarat dukungan dalam waktu 20 hari, dengan cara ikhtiar.

Jika mengacu kepada daftar pemilih tetap, tercatat ada 1 juta 175 ribu 523 pemilih di KBB, sehingga dengan dukungan minimal 6 koma 5 persen dikalikan jumlah DPT, setidaknya ada bukti dukungan dari 76 ribu 409 orang.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.