Sekolah Terendam Banjir, Siswa Belajar di Rumah Warga

176

Selain merendam permukiman warga, banjir luapan sungai citarum di dua kecamatan, di kabupaten Bandung, menyebabkan beberapa fasilitas umum terganggu. Salah satunya, bangunan Sekolah Dasar Negeri tujuh dan sepuluh Dayeuh Kolot. Para siswa terpaksa menumpang belajar di rumah warga. Orang tua siswa sangat prihatin, karena setiap banjir merendam bangunan sekolah, anak mereka harus belajar menumpang dengan kondisi seadanya.

Banjir luapan sungai Citarum di Baleendah dan Dayeuhkolot, kabupaten Bandung, merendam permukiman warga dan bangunan Sekolah Dasar Negeri di Bolero, Dayeuh Kolot.

Di kawasan ini, ada dua Sekolah Dasar Negeri yang terendam. Selain bangunan, akses jalan menuju sekolah juga terendam, sehingga siswa tidak bisa belajar di sekolah.

Orang tua siswa sangat prihatin, karena anak mereka harus belajar menumpang di rumah warga, dengan kondisi yang sangat tidakĀ  layak. Mereka belajar hanya beralaskan lantai tanpa kurisi dan bangku.

Sekolah Dasar Negeri tujuh dan sepuluh Dayeuh Kolot, berdampingan langsung dengan aliran sungai Citarum. Jika air sungai meluap, sudah dipastikan sekolah tersebut akan terkena dampak banjir. Pihak sekolah sudah mengajukan kepada pemerintah, agar bangunan direlokasi. Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.