Pantai Cipta Semalam, Tanah Timbul yang Jadi Favorit Pengunjung

271

Mendengar namanya, mungkin masih banyak yang belum tahu tentang keberadaan pantai ini. Kawasan pantai Cirewang, mulai populer sebagai objek wisata sejak tahun 2013 yang tidak terlepas dari keberadaan tanjung (tanah timbul) pada sekitar tahun 2000-an .

Tanah tersebut memiliki keunikan tersendiri sehingga banyak dikunjungi pelancong. Destinasi wisata alam pantai Cirewang masuk ke wilayah Desa Panga- rengan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang, dari wilayah Pamanukan berjarak sekitar 13 kilometer.

Tanah timbul yang terbentuk tahun 2000-an tersebut oleh masyarakat setempat kerap disebut pantai Cipta Semalam.Menurut mereka hal itu karena cepatnya tanah timbul terbentuk. Untuk mencapai lokasi pantai Cipta Semalam para pengunjung harus menggunakan perahu milik nelayan.

Tarifnya hanya Rp 15.000/orang, de -ngan tarif tersebut pengunjung disuguhi pemandangan cantik melewati kawasan mangrove sejauh 1 kilometer sebelum sampai di pantai Cipta Semalam.

Selain memiliki topografi unik, pantai Cipta Semalam, menjadi benteng alami abrasi pantai yang menggerus kampung Cirewang.Dengan kata lain sejak adanya pantai ini kampung Cirewang menjadi terhindar dari abrasi gelombang.

Daya tarik utama kawasan wisata ini berupa tanah timbul digemari pelancong yang senang bermain air laut dan berenang di sanalah tempatnya. Kawasan lautnya relatif aman untuk berenang, ombaknya tidak terlalu besar dengan air cukup jernih.

Hamparan pasir putihnya mengajak siapapun untuk puas bercengkrama. Para pecinta hiking bisa berjalan jalan di kawasan seluas 500 meter persegi ini dan tentu saja mengabadikannya dengan lensa kamera.

Dengan adanya tanah timbul itu masyarakat setempat benarbenar menda­patkan berkahnya, sekarang selain sebagai nelayan, mereka juga menjadi para pe­ngantar pengunjung ke pantai Cipta Semalam.

Fasilitas penunjang wisata sudah tersedia lengkap, meskipun masih sederhana kita bisa dengan mudah menemukan lahan parkir serta tempat ibadah dan penjual makanan dan minuman. Satu hal lagi yang bisa kita lakukan di kawasan itu ialah memancing, sudah sejak lama kawasan itu menjadi spot memancing favorit di kawasan pantai utara.

Nah bagi anda yang ingin membawa oleh – oleh masyarakat setempat menjual berbagai jenis kepiting. Bila Anda tidak sabar untuk mencicipinya cukup banyak warung makan yang menjual olahan kepi­ting ini di sekeliling kawasan Cirewang. (E-001) ***