Stok Cukup tapi Harga Beras Naik

164

STOK beras pemerintah di Bulog masih cukup untuk menyuplai pasar hingga panen raya pada Maret nanti.

Hal itu ditegaskan Menetri Perdagangan Enggiarto Lukita di Jakarta.”Berapa pun kebutuhan pasar, pemerinrah melalui Bulog akan memenuhinya,” tegas Menteri Enggiarto. Artinya tidak ada alasan bagi masyarakat merasa khawatir akan terjadi kekuarangan beras. Pemerintah menjamin tidak akan terjadi penyimpangan atau tindakan-tindakan lain yang menyebabkan pasokan beras kurang dan harganya naik

Pemerintah telah memagari pasokan dan harga beras dari perilaku oknum yang melakukan manipulasi, penimbunan, dan spekulasi hanya untuk mencari keuntungan. Antisipasi dan penegakan hukum dilakukan Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kepolisian RI.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, Kepolisian RI dan Kementerian Perdagangan telah mendatangani nota kesepahaman tentang penegakan hukum, penga- wasan, dan pengamanan bidang perdagangan, khususnya sektor pangan pokok.

Meski stok cukup dan pengamanan dilakukan lebih ketat, harga beras di pasar cenderung terus naik. Pemerintah pasti memonitor pergerakan harga beras tersebut.
Hal itu terbukti dengan dilakukannya operasi pasar di beberapa daerah.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan kenaikan hargta beras karena pemerintah memiliki stok cukup. Dalam mengatasi kenaikan harga yang biasa terjadi pada akhir dan awal tahun, pemerintah tidak akan mengimpor beras.

Menteri Perdaga­ngan menyatakan, opsi untuk menekan harga beras ialah dengan jalan intervensi, penetrasi, dan operasi pasar. ”Pemerintah tidak akan mengimpor beras yang dapat diproduksi di dalam negeri, seperti IR 64,” kata Menteri.

Impor beras hanya akan diizinkan bagi beras yang dibutuhkan kesehatan, hotel, restoran, dan katering. Keterangan Menteri itu mengindikasikn, impor beras masih dibuka meskipun terbatas. Masyarakat tidak tahu persis, berapa jumlah beras yang diimpor itu. Dikhawatirkan terbukanya keran impor khusus itu, justru menimbulkan perbedaan harga.