9 Dari 11 Orang Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan

203

Sembilan dari sebelas orang tewas, setelah menenggak minuman racikan alkohol dan bahan kimia pabrik di Padalarang, kabupaten Bandung Barat. Dari hasil penyelidikan polisi, korban meracik minuman dengan bahan dasar kimia, termasuk pembersih mesin, soda api, serta sabun, sehingga bereaksi pada daya tahan tubuh yang melemah dan menyebabkan kebutaan.

Sembilan dari sebelas orang tewas mengenaskan, setelah menenggak sebuah minuman racikan alkohol dan bahan kimia pabrik, di Padalarang, kabupaten Bandung Barat. Korban tewas diantaranya Wisnu, Mulyadi, Abror, Asep Isnein, M arif, Wawan, Yuda, Ujay Wijaya, dan Zaenal, yang rata rata berusia 19 hingga 23 tahun. Sedangkan korban selamat yaitu Sigit Hermawan dan Dani Ali Nurdin.

Kepolisian pun mengumpulkan sejumlah barang bukti berupa sampel bahan kimia cair yang disita satuan narkobapolres Cimahi. Bahan kimia yang biasa digunakan untuk pembersih mesin di pabrik celup kain tersebut berupa alkohol murni, soda api, sabun, hingga serbuk nacio atau byclin.

Dari hasil penyelidikan polisi, korban meracik minuman dengan bahan dasar kimia tersebut, sehingga bereaksi pada daya tahan tubuh melemah dan menyebabkan kebutaan. Para korban meracik minuman berbahan dasar kimia tanpa ada unsur stres atau bunuh diri. Minuman bercampur kimia tersebut dioplos dengan minuman berenergi. Reaksi pasca mengkonsumsi minjman racikan tersebut, daya tahan tubuh lemah, sakit dada, hingga buta.

Sementara itu, suasana di rumah korban selamat di kawasan Padalarang, ramai didatangi warga. korban selamat, Dedi Ali Nurdin, terbaring lemas akibat mengkonsumsi minuman racikan Jumat 5  Januari 2018. Sejauh ini, polisi belum menemukan keterlibatan pihak lain, selain korban yang tewas dan selamat dalam peristiwa mengenaskan ini.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.