Pilkada, Pemkot Bandung Ditinggal 3 Pejabat

188

Memasuki tahapan pendaftaran di KPU, pemkot Bandung akan ditinggal cuti tiga pejabat penting, yakni walikota dan wakilnya, ridwan kamil, Oded M Daniel, serta Sekda Yossi Irianto, yang akan maju dalam pilkada serentak 2018. meski tidak akan banyak berpengaruh terhadap roda pemerintahan, pakar tata negara asal Unpad Bandung, Firman Manan meyakini, roda pemerintahan akan berjalan datar, karena tidak akan ada inovatif dari kepala daerah.

Pendaftaran pasangan calon kepala daerah di komisi pemilihan umum, telah dibuka sejak delapan hingga sepuluh Januari 2018. berdasarkan aturan, kepala daerah yang ikut dalam kontestasi pilkada, wajib mengambil cuti terhitung februari 2018. Dari 16 kabupaten-kota di jawa barat yang mengikuti pilkada serentak, Bandung menjadi salah satu kota yang paling banyak ditinggal cuti pejabat utamanya.

Tercatat tiga pejabat daerah kota Bandung dipastikan bakal maju dalam ajang demokrasi lima tahunan ini, yaitu walikota Ridwan Kamil yang akan maju dalam pilgub Jawa Barat, dan wakil walikota, Oded M Daniel, serta sekda Yossi Irianto, yang akan bertarung pada pemilihan walikota Bandung 2018.

Kekosongan tiga posisi jabatan penting di Pemkot Bandung ini, mendapat perhatian khusus pakar hukum tata negara Unpad Bandung, firman manan. firman manan meyakini, roda pemerintahan kota Bandung akan berjalan datar, karena tidak akan ada inovatif dari kepala daerah. Hal tersebut karena, pejabat sementara atau Plt tidak berhak mengeluarkan kebijakan seperi kepala daerah sebenarnya.

Firman berharap, plt yang akan mengisi kekosongan, dapat menjalankan tugas roda pemerintahan, mengingat kota Bandung sebagai jantung Jawa Barat.

yuwana kurniawan, bandung tv.