Menikmati Lezatnya Sate Pokea Kuliner Daging Kerang Kampung Pohara

341

Siapa tidak suka sate? Daging sapi atau kambing yang di potong – potong seukuran kelereng yang ditusuk bilah bambu dan dibakar disajikan dengan bumbu kecap atau kacang. Vegetarian , bahkan memodifikasi dengan membuat sate dari bahan sayuran atau tahu tempe.

Di Sulawesi Tenggara ada varian sate yang berbahan dasar kerang air tawar atau dalam bahasa setempat disebut pokea, sejenis kerang air tawar berbentuk pipih  berwarna putih yang menjadi hewan endemik  Sulawesi Tenggara.

Hewan yang berasal dari famili cubicula dengan jenis batissa veolacea celebensis ini hanya hidup di Sungai Pohara, Kabupaten Konawe. Banyak jenis olahan berbahan baku kerang air tawar ini , tetapi yang membuat Kampung Pohara terkenal adalah sate pokea.

Untuk mendapatkan sate pokea cukup mudah . Di Kendari cukup banyak penjual sate pokea keliling. Namun untuk warung sate pokea  banyak terdapat di kampung Pohara,Kabupaten Konawe,lokasi ini bisa ditempuh selama 25 menit perjalanan dari Kendari.

Penganan sate yang dijual di kampung Pohara terkenal kelezatannya,dan menjadi tujuan para pelancong dari luar daerah. Proses pembuatan sate pokea, dimulai dengan merebus air hingga mendidih, kemudian masukan kerang  hingga masak dan kulit kerang terbuka dengan sendirinya.

Agar kerang matang secara merata , keluarkan kerang dari cangkangnya. Biarkan sebentar dalam rebusan air.Angkat kerang lalu tusuk menggunakan tusukan sate, satu tusuk kurang lebih 5-6 buah kerang , selanjutnya letakan dalam piring saji.

Bumbu utamanya kacang tanah yang dihaluskan. Sebagaimana layaknya sate, sate pokea juga disajikan dalam satu tusukan  bisa berisi sampai 5 buah pokea. Sate pokea terdiri dari daging kerang yang diberi bumbu  pedas manis, biasanya disantap dipadukan dengan sejenis lemper tanpa isi yang dibakar da dikukus, dikenal dengan nama gogos.

Gurihnya bumbu sate pokea terletak pada cara memasaknya. Proses pembuatan  bumbu kacang  di mulai dari mencampurkan kacang tanah dan  sambal terasi, masak diatas api dengan ditambahkan air kaldu sisa perebusan kerang, masukan kecap, gula merah, dan masak hingga bumbu mengental.

Selain rasanya yang lezat pokea termasuk kerang-kerangan yang mengandung kadar gizi yang cukup tinggi. Selain itu, daging pokea juga mengandung suatu zat yang dapat membantu memperlancar kerja hati dalam tubuh manusia. Ekstrak daging kerang juga efektif sebagai obat anti rematik dan penyakit radang sendi. (E-001) ***