Cegah DBD, warga swadaya lakukan fogging

181

Cegah penyebaran nyamuk aides aygepti, sejumlah relawan mengasapi atau memfogging ke pemukiman warga di kecamatan cangkuang, kabupaten bandung. hal tersebut dilakukan, mengingat saat musim penghujan, jumlah nyamuk demam berdarah bisa berkembang sangat tajam.

Kecewa karena tak kunjung ada tindakan dari dinas kesehatan kabupaten bandung, warga komplek gading tutuka residen, kecamatan cangkuang, kabupaten bandung, mengasapi atau memfogging lingkungan mereka secara swadaya.

Warga di komplek ini fogging dengan memanggil sejumah relawan, guna mencegah penyebaran nyamuk aides aygepti, yang biasanya berkembang sangat cepat saat musim penghujan.

Sebelumnya, di komplek ini, beberapa warga termasuk balita terjangkit penyakit demam berdarah, dan sempat dilarikan ke rumah sakit, karena perlu penanganan lebih lanjut. menurut ketua r-t setempat, hajali, warga pun berinisiatif mengasapi atau memfogging lingkungan tersebut.

dirinya juga mengatakan, hingga kini belum ada tindakan dari dinas kesehatan, untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab penyakit demam berdarah ini.

Selain mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah dengan fogging, warga diimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, karena nyamuk jenis aides aygepti biasanya berkembang biak di tempat kotor, seperti sampah dan kubangan air, terlebih saat musim penghujan.

Yuwana kurniawan, bandung tv.