Seluruh Warga Kota Bandung Bisa Berobat Gratis

1031

Dengan diterapkannya program universal health coverage, seluruh warga kota Bandung dapat berobat dan dirawat inap gratis di rumah sakit manapun di kota Bandung. Bahkan, warga yang belum memiliki kartu BPJS pun dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis, hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk kota Bandung.

Melalui rapat yang digelar komisi D DPRD kota Bandung, Kamis sore terungkap, seluruh warga kota Bandung dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis, yang ditanggung pemerintah daerah.

Kepala Dinas kesehatan kota Bandung, Rita Verita Sri Hasniarty menyatakan, saat ini universal health coverage atau masyarakat kota Bandung yang sudah menjadi anggota BPJS, baru mencapai 95 persen.

Masih ada 123 ribu 220 warga yang belum memiliki kartu BPJS. Tapi, pemerintah dan DPRD kota bandung menjamin, warga yang belum memiliki kartu BPJS pun dapat menikmati layanan kesehatan gratis, hanya dengan menunjukkan KTP ke rumah sakit. Layanan tersebut berlaku jika dalam kondisi darurat.

Warga yang hanya membawa KTP tersebut hanya berhak dilayani di ruangan kelas tiga. Tapi, ketua komisi D DPRD kota Bandung, Achmad Nugraha menyatakan, jika ruangan kelas tiga rumah sakit yang bersangkutan dinyatakan penuh, warga bisa menempati ruangan kelas dua untuk sementara.

Melalui rapat yang dihadiri Dinas Kesehatan, BPJS cabang utama kota Bandung, Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, dan Direktur rumah sakit sekota Bandung tersebut, ketua komisi D DPRD kota Bandung pun berharap, pihak rumah sakit menambah ruangan kelas tiga yang dimiliki.

Hal tersebut agar program uhc tersebut dapat berjalan dengan lancar. Program ini akan sepenuhnya berlaku senin 22 Januari 2018, diawali dengan dilantiknya petugas pendaftaran rumah sakit Jumat ini.

Budi Hartati, BandungTV.