Menikmati Sajian Kuliner di Obyek Wisata Paniis Tak Kalah Lezat dari Buatan Restoran

360

Masih diwilayah Kecamatan Rancakalong,perjalanan Mandalawngi berlanjut ke destinasi wisata alam  Paniis. Berbeda dengan wisata Panenjoan yang digarap oleh masyarakat dan Pemkab Sumedang, destinasi wisata Paniis penggarapannya dilakukan hanya oleh masyarakat .Potensi wisata alam Paniis  di wilayah Desa Selaawi  Rancakalong, lokasinya tidak  jauh dari ata Panenjoan.

Sebagaimana Panenjoan , Paniis juga menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara khas pegunungan. Topografi kawasan Paniis yang terletak dilereng perbukitan,konturnya cukup unik.

Aksebilitas menuju lokai sudah cukup baik,selain bisa di capai dengan kendaraan pribadi,transportasi umum dari pusat Kota Sumedang tersedia cukup banyak.

Para pelancong pada umumnya datang pada akhir pekan atau pada masa liburan,fasilitas penunjang wisata sudah ada namun masih sederhana.Hal ini bisa dimaklumi karena pengelolaannya masih swadaya masyarakat, belum tersentuh instansi terkait.

Menurut pihak pengelola, selain pelancong dari seputaran Rancakalong,pada saat – saat tertentu ada juga pelancong dari luar daerah, antara lain dari Bandung. Bahkan pernah ada rombongan dari mancanegara yang menghabiskan waktunya di tempat ini.

Para pelancong yang datang menurut pihak pengelola sangat suka dengan kontur Paniis yang terletak di lereng. Dari ketinggian lereng  bisa melihat hamparan Kota Sumedang, kawasan perbukitan serta Gunung Tampomas.

Daya tarik lainnya yang dijual oleh pengelola kepada para pelancong ialah sajian kuliner khas Sunda. Setiap sajian kuliner harganya cukup terjangkau,dengan citara rasa yang bisa diadu dengan sajian dari restoran terkenal.

Hal lainnya dari tempat wisata ini ialah  kerap dijadikan arena untuk para pehobi petualangan dengan menggunakan kendaraan roda dua. Topografi berbukit bukit dengan pemandangan cantik membuat para pehobi petualangan  jatuh hati dan kerap menghabiskan waktunya di sini.

Pihak pengelola berharap ada investor datang untuk menanamkan modalnya di tempat ini. Dengan adanya investasi pihak pengelola yakin potensi potensi lainnya di kawasan ini bisa digarap dengan lebih profesional.

Kecamatan Rancakalong selain memiliki potensi wisata alam,memiliki potensi lainnya yang bisa dikembangkan sebagai daya tarik wisata.Potensi tersebut terletak pada beberapa acara tradisi Sunda.

Dalam prosesi adat  banyak  atraksi budaya yang sarat makna.Kesungguhan masyarakat Rancakalong dalam melestarikan tradisi budaya sangat kuat dilakukan secara turun temurun.  (E-001) ***