Warga Diimbau Berpartisipasi Bersihkan Citarum

216

Pemerintah kabupaten bandung mengajak masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai, berpartisipasi membersihkan Citarum yang kini dijuluki sebagai sungai terkotor di dunia. Langkah tersebut diambil Pemkab Bandung, mengingat jika masyarakat kurang peduli terhadap lingkungan, permasalahan sungai Citarum tidak akan pernah terselsaikan.

Dua ratus delapan puluh ton limbah cair dibuang langsung dengan sengaja setiap hari, ke aliran Citarum, sehingga kondisi sungai terpanjang di Jawa Barat ini sangat memprihatinkan.

Pencemaran sungai citarum terjadi mulai dari kawasan hulu sungai di situ Cisanti kecamatan Kertasari, kabupaten Bandung.

Permasalahan citarum sudah sangat sulit diselesaikan pemerintah daerah maupun pusat, karena banyaknya pencemaran yang mengotori sungai, mulai dari limbah kotoran hewan, limbah industri, dan sampah rumah tangga.

Pemerintah kabupaten bandung pun terus berupaya mengembalikan ekosistem sungai, agar bisa kembali bersih seperti dahulu.

Warga yang bertempat tinggal di bantaran Citarum diajak berpartisipasi menyelesaikan permasalahan sungai yang kini dijuluki terkotor di dunia ini.

Diharapkan, ikut sertanya masyarakat bisa mengembalikan ekosistem sungai Citarum.

Rezytia Prasaja, BandungTV.