Polda dan Kodam Ungkap Pembuangan Limbah ke Citarum

212

Diduga membuang limbah ke anak sungai Citarum, operasional tiga perusahaan pencucian tidak berijin di kabupaten Bandung, ditutup oleh Polda Jabar. Selain itu, tiga rumah sakit besar di daerah panuragan Cirebon, diduga membuang limbah medis ke anak sungai Citarum.

Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi merilis dugaan pembuangan limbah ke anak sungai Citarum. Tiga perusahaan pencucian tidak berijin,di kabupaten Bandung, yakni express laundry, Ciharuman laundry, serta elvito washing, diduga membuang limbah berbahaya ke anak sungai Citarum.

Sampai saat ini, polisi masih menyelidiki, dengan memeriksa pemilik perusahaan dan menutup kegiatan di pabrik-pabrik tersebut.

Barang bukti berupa bahan-bahan kimia diamankan Polda Jabar. Dalam kegiatan perusahaan tersebut, limbah cair sisa pencucian dialirkan melalui bak penampungan tanpa proses pengolahan terlebih dahulu, dan langsung dibuang ke anak sungai Citarum, yang akan bermuara ke sungai Citarum.

Selain itu, tiga rumah sakit besar di daerah Panuragan Cirebon, diduga membuang limbah medis ke anak sungai Citarum.

Tim Kesdam tiga siliwangi menemukan kantung darah bertuliskan hiv aids, serta beberapa potongan tubuh manusia. Kodam III Siliwangi juga mengamankan oknum TNI, yang diduga terlibat pembuangan limbah medis.

Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi, masih mendalami kasus pembuangan limbah ini, dan menyelidiki rumah sakit yang membuang limbah medis ke anak sungai Citarum.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.