Dinas LHK Gandeng Kodim Bahas Penanganan Sampah

180

BISNIS BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama dengan Kodim 0610 Sumedang,Selasa (16/1/18) di Aula Kodim 0610 Sumedang menggelar sosialisasi penanganan dan pemanfaatan sampah,
Acara sosialisasi dihadiri Karang Taruna perwakilan dari setiap desa, Camat, Kapolsek, Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Sumedang.
Sosialisasi dilakukan , karena permasalahan sampah sepertinya tidak pernah terhenti mencuatkan berbagai problem.

“Tanpa adanya penyelesaian dan penanggulangan yang kurang baik , sampah akan tetap menjadi masalah yang sangat berat bagi kehidupan  sekarang dan mendatang datang.Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup bersama Kodim 0610 Sumedang ingin mengatasi bersama  cara penanggulangan sampah,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pertamanan Dinas LHK Sumedang, Ayuh Hidayat .

Dikemukakan Ayuh Hidayat , permasalahan sampah di Kabupaten Sumedang menjadi fokus Dinas LHK untuk terus mencari solusi dan formula yang mumpuni. Sebab itu , kami  bekerjasama dengan pihak TNI (KODIM 0610) Sumedang akan menangani bagaimana cara atau sistem pengelolaan sampah  di wilayah Sumedang yang  akan diterapkan di wilayah desa se-Sumedang .

“Dinas LHK  menangani permasalahan sampah dengan menggunakan basis TPA, TPS, Bank Sampah serta penanganan sampah dari sumbernya,”tutur Ayuh.
Dikatakan Ayuh , penanganan sampah dengan berbagai strategi dan cara  dilakukan untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai dampak rusaknya lingkungan  akibat  sampah yang masih banyak dibuang tempat-tempat yang tidak seharusnya, di samping cara pengolahannya yang belum  diketahui  masyarakat.

“Yang paling penting sebagaimana kebijakan Pak Bupati agar tidak hanya melakukan opsi. Tapi bagaimana langkah pasca opsi,” ucapnya.
Oleh karena itu, lanjut Ayuh, jika hanya melakukan opsi,  sampah akan tetap menumpuk,tanpa ada perhatian khusus.

“Urusan sampah akan menjadi pekerjaan rumah terus menerus, namun belum dapat menghadirkan solusi jangka panjang,” tutur Ayuh.

Oleh sebab itu, Dinas LHK terus menggandeng para Kepala Desa, SKPD terkait, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta tokoh-tokoh  masyarakat untuk berperan serta mengembangkan upaya mengatasi sampah dari sumbernya,agar tidak menjadi bumerang bagi kelangsungan hidup .

Sementara itu,Dandim 0610 Letkol Arm I Made Mertha Yassa yang diwakili Kasdim Mayor Inf Anang Pramudyanto mengatakan, selain mengapresiasi kegiatan tersebut, mengenai penanganan sampah perlu kerjasama yang serius semua pihak.

“Tingkat kerusakan lingkungan akibat sampah menjadi salah satu faktor penting yang menentukan tinggi rendahnya risiko bencana di suatu kawasan,” ujarnya seraya menambahkan, penerapan sistem 3R (Re-use, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan sekitar  yang murah dan mudah untuk dilakukan,di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) dan lainnya.(E-010) ***