BKSP Jabodetabekjur Masih Banyak Masalah

211

BISNIS BANDUNG- Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan  Cianjur (Jabodetabekjur)  seharusnya  konsisten  melakukan  percepatan pembangunan strategis di daerah perbatasan. Sebab  hingga kini masih banyak   permasalahan yang perlu  mendapatkan perhatian  serius.

 “Kita melihat  perbatasan misalnya di Puncak, harus mendapatkan  perhatian cukup besar terutama dalam program-program pembangunan tata  ruang.  Di  Bekasi yang berkaitan  dengan industri ,”  ucap Anggota Komisi I DPRD Jabar, Hidayat Rohani usai mengahadiri   serah terima jabatan Ketua BKSP Jabodetabekjur di Pendopo Gubernur  Banten,  barfau-baru ini.

Ia  berharap Jawa Barat dan Banten yang bertetangga dengan DKI  Jakarta dapat melakukan kerjasama di bidang pembangunan strategis  terutama di wilayah perbatasan. Mengingat posisi Jawa Barat dan Banten merupakan penyangga Ibu Kota dan memiliki  kontribusi yang cukup vital.

Terkait persoalan-persoalan yang kerap muncul dalam perjalanan  pembangunan di daerah perbatasan, menurutnya permsalahan tersebut  seharusnya bisa diselesaikan dengan cara kompromi.

“Persoalan-persoalan di daerah perbatasan yang tidak terselesaikan karena ego pemerintahan yang akhirnya masalah tersebut berlarut-larut.   Kita harapakan pelbagai permasalahan di daerah perbatasan ini dapat  diatasi dengan baik,” katanya.

Ia  mengimbau kepada seluruh elemen pemerintahan yang terkait dapat  aktif memberikan kontribusinya,serta berkomitmen untuk menjaga dan menjalankan kesepakatan-kesepatakan yang telah dibuat oleh BPSK  Jabodetabekjur.

“Harus proaktif terhadap keputusan yang telah dibuat oleh BPSK, dan  komitmen terhadap kesepakan itu sendiri. Termasuk oleh Bupati dan Walikota karena mereka adalah bagian dari pemerintahan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  dinyatakan resmi menjabat sebagai ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta Bogor  Depok Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur).

Ia  menjabat untuk periode 2017-2020 menerima tongkat estafet kepemimpinan Kepala BKSP dari Gubernur Banten yang telah  menjabat sejak 2014-2017. (B-002)***