Daya Tarik Kawasan Curug Bayan Purwokerto Terdapat Beberapa Bangunan Tinggalan Belanda

204

Kota Purwokerto yang tidak jauh Gunung Slamet. Sebab itu topografi kawasannya didominasi alam pegunungan. Potensi alamnya sejak  lama dimanfaatkan sebagai destinasi wisata . Salah satu destinasi wisata alam terkenal di Purwokerto ialah kawasan Baturaden yang memiliki potensi wisata yang dikemas menjadi obyek wisata terpadu .

Di area Lokawisata Baturaden para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana,mulai dari berbagai permainan,atraksi wisata petualangan hingga berendam di sumber air panas alami. Tidak jauh dari Lokawisata Baturaden,terdapat sebuah air terjun atau curug yang dikelola menjadi salah satu destinasi wisata alam.

Curug Bayan,begitulah masyarakat setempat menyebutnya , berlokasi di Desa Ketengger,Kecamatan Baturaden,Kabupaten Banyumas.Untuk menuju lokasi relatif mudah,destinasi wisata Curug Bayan,berjarak 3 kilometer  dari Lokawisata Baturaden.

Hanya kendaraan pribadi saja yang bisa menuju kelokasi, karena angkutan umum belum tersedia,namun kendaraan roda dua yang disediakan oleh masyarakat atau ojek cukup banyak.Daya tarik utama Curug Bayan berada pada keunikan teras – teras buatan yang dibendung hingga membentuk kolam .

Aliran air dari  kali Banjar masih bersih sehingga kolam -kolam buatan ini sangat menggoda untuk dijadikan area berenang.

Ketinggian Curug Bayan hanya sekitar 7 meter saja,seperti telah disinggung dimuka,aliran kali Banjar yang dibendung menarik minat para pelancong untuk berenang.

Keunikanlain terletak dari topografi kawasan yang terletak pada aliran air tidak begitu besar namun memiliki cukup banyak batu.Batu – batu ini sangat banyak dijadikan tempat menghabiskan waktu menikmati kesegaran udara setelah berenang di kolam buatan.

Tidak jauh dari lokasi terdapat bangunan cagar budaya buatan pemerintah kolonial Belanda.Bangunan berupa Surge Tank merupakan bagian dari konstruksi PLTA Ketengger yang dibangun tahun 1939.Selain itu terdapat jembatan penopang rel lori dan kolam tendon  bangunan tersebut yang masih merupakan bagian bangunan PLTA Ketengger.

Fasilitas pendukung wisata sudah tersedia ,tiket masuk kawasan ini Rp 3000/orang. .Fasilitas parkir tempat penjual makanan minuman dan sarana ibadah tersedia , mudah ditemukan.

Untuk para pelancong yang ingin menghabiskan waktunya disini serta menikmati kesejukan udara dimalam hari, di area Curug Bayan banyak terdapat villa- villa dengan berbagai tipe kamar dan harga sewa bervariasi.Untuk tarif menginap semalam mulai dari  kisaran Rp 300.000 hingga Rp 1 juta tergantung fasilitasnya (E-001) ***.