Bawaslu Tekankan, ASN Dilarang Ikut Kampanye

195

Badan Pengawas Pemilu dan aparatur sipil negara pemerintah provinsi Jawa Barat, menandatangani fakta integritas di salah satu  hotel di Bandung. Fakta integritas tersebut ditandatangani, karena belasan A-S-N di Jawa Barat terjaring dan terbukti melanggar peraturan netralitas, ketika proses pilkada berlangsung.

Ketua badan pengawas pemilu, Harminus Koto, dan Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, menandatangani fakta integritas di salah satu hotel di kota Bandung. Fakta integritas ini merupakan komitmen aparatur sipil negara di wilayah Jawa Barat, untuk mematuhi peraturan pemerintah tentang netralitas ASN.

Menurut ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto, fakta integritas ditandatangani, karena banyak ASN yang telah terlibat langsung dalam proses pilkada. Harminus juga menuturkan, terdapat 19 asn di empat kabupaten kota di Jawa Barat, yang terkena sanksi karena terlibat proses pilkada. Satu diantaranya masih dalam proses.

Selain itu, sekda juga memaparkan surat edaran peraturan dari Kemenpan RB terkait sikap asn dalam pilkada. Menurut Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa, peraturan diberlakukan ketat, diantaranya asn tidak boleh terlibat proses pilkada baik menggunakan atribut maupun tidak, dan tidak berfoto serta merespon akun media sosial calon kepala daerah.

Diharapkan dengan fakta integritas ini, ASN di Jawa Barat mengetahui dan memastikan diri mereka masing-masing untuk bersikap profesional dalam bekerja, serta tidak terlibat pencalonan kepala daerah.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.