Produk Investasi Harus Clean And Clear Untuk Ditawarkan

171

Berdasarkan penelitian yang dilakukan BANK Indoensiakantor perwakilan Jawa Barat, saat ini realisasi investasi di Jawa Barat masih kurang. oleh karena itu, untuk menarik investor masuk ke Jawa Barat, gubernur meminta agar para kepala dinas penanaman modal dan perijinan terpadu satu pintu di tiap Kabupaten Kota, memberikan penjelasan produk investasi kepada para regulator secara lengkap atau clean and clear.

Di tahun 2018, berdasarkan penelitian yang dilakukan BANK Indoensia kantor perwakilan JABAR, Jawa Barat menghadapi beberapa tantangan dalam meningkatkan Investasi, diantaranya belum optimalnya kerjasama sister province atau sister city.

Sebagian besar peluang investasi di tingkat Kota Kabupaten belum dilengkapi feasibility study sehingga tidak dapat dikategorikan clean and clear projects, dan terdapat asimetri informasi antar instansi terutama terkait legalitas lahan dan skema kerjasama.

Menanggapi hal tersebut, gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta para kepala dinas penanaman modal dan perijinan terpadu satu pintu di tiap Kabupaten Kota memberikan informasi yang lengkap kepada para regulator, salah satunya soal feasibility study. gubernur pun mengatakan, pembiayaan pembuatan feasibility study berasal dari apbd masing-masing Kabupaten Kota.

Sementara itu, kepala kantor perwakilan BANK IndoensiaJABAR, wiwiek sisto widayat mengatakan, saat ini laju pertumbuhan ekonomi Jawa Barat cukup baik yaitu 5 koma 32 persen year on year, tapi realisasi investasi masih kurang.

dengan koordinasi lebih awal terkait produk investasi, diharapkan banyak investor masuk ke Jawa Barat sebagai potensi pertumbuhan ekonomi indonesia.Upaya penarikan investor ke Jawa Barat diperlukan sinergi antara pemerintah provinsi, dinas penanaman modal dan perijinan terpadu satu pintu, BANK indonesia, maupun pemerintah kabuaten Kota.

 

Budi Hartati, Bandung TV