Merenovasi Masjid Sekolah Aksi Kepedulian Komunitas Trail Bandung

148

Kota Kembang Bandung, memang gudangnya komunitas otomotif. Banyak komunitas trail adventure yang terbentuk di kota Paris Van Java ini dengan berbagai nama dan bendera  serta ciri khasnya masing-masing. Jalinan persaudaraan sesama penghobi olahraga petualangan motor yang ada di Bandung , terus dibina dan dijaga.

Hal itu bisa terlihat dalam sebuah kegiatan Ulin Bareng dan Bakti sosial yang mereka gelar dengan merenovasi sarana ibadah yang ada di SMP Negeri 1 Cilengkrang Ciporeat Ujungberung Bandung, Sabtu (10/2).Sejumlah donasi berhasil dikumpulkan oleh segenap penghobi dirtracker mania. Upaya ini dilakukan untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini bukan maksud untuk riya, melainkan sebagai bentuk kepedulian para offroader sekaligus sebagai sarana silaturahmi antar komunitas trail yang ada di Kota “kembang”  Bandung, selain menunjukan bahwa komunitas trail di Kota Bandung  harmonis dan  guyub.

Ratusan offroader yang datang dari berbagai komunitas langsung menyambangi sekolah tersebut untuk menyaksikan langsung prosesi peresmian masjid yang selama 2 minggu lamanya direnovas agar siswa-siswi serta para gurunya nyaman beribadah.

“Keberadaan klub trail adventure ini mempunyai peran penting  sebagai sarana membangun hubungan sosial antar anggota maupun masyarakat. Salah satu realisasi yang dilakukan adalah dengan renovasi  mesjid yang ada di SMPN 1 Ciilengkrang. Mudah-mudahan aksi sosial ini terus berlanjut dan menjadi agenda rutin, serta memperlihatkan jalinan silaturahmi antar komunitas trail di Bandung tetap terjaga,”kata Agus Joy, penggagas kegiatan bakti sosial.

Setelah selesai menggelar bakti sosial, seluruh offroader yang hadir berjelajah bersama menikmati kawasan hutan pegunungan Manglayang yang menjadi arena tempat mereka melampiaskan hasrat berpetualang, disamping acara hiburan yang disajikan untuk melepas lelah seusai menjalani ritual petualangan.

Muara dari keseluruhan acara yang digelar, jelas sekali penyelenggara ingin memperlihatkan serta menujukkan nilai persaudaraan lewat hobi berotomotif serta diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Namun kepedulian kepada masyarakat sekitar menjadi tujuan utama yang selalu akan dilakukan dalam menjalankan hobi otomotif.

Paling penting, sasarannya harus tepat agar apa yang telah dilakukan oleh para komunitras trail yang mencakup Bagja Trail Adventure, C-Trac, Team Keuyeup, Mabal, Uber, Tragab, Batin, Yonif Zipur 9 PARA, dan HASS  bisa memberikan manfaat yang optimal. (E-002)***