Pergerakan Tanah, Puluhan Rumah Ambruk

94

Pergerakan tanah terjadi sejak hari minggu lalu, di dusun babakan sawah, RW 01, desa Cimanintin, kecamatan Jatinunggal, kabupaten Sumedang. Tiga puluh enam rumah retak, dan dua puluh delapan lainnya ambruk. Kondisi tersebut mengharuskan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Tiga puluh enam rumah rusak parah, dan 28 lainnya ambruk, akibat pergerakan tanah di dusun babakan sawah, RW 01, Desa Cimanintin, kecamatan Jatinunggal, kabupaten Sumedang.

Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan pergerakan tanah sejak hari minggu, dengan retakan sedalam 2 meter. Terdapat 3 RT yang harus mengungsi, yaitu RT 01, 02, dan 03, dengan total 6 ratus jiwa.

Seperti yang diungkapkan petugas badan penanggulangan bencana daerah Sumedang. Kondisi pergerakan tanah masih terus terjadi. Awalnya, pergerakan tanah terjadi dalam hitungan hari. Kini, dalam hitungan jam, tanah terus bergerak.

Luas wilayah desa yang terkena pergerakan tanah sedikitnya 4 hektar. Hingga kini pergerakan tanah terus terjadi. Warga diimbau tidak masuk ke lokasi pergerakan tanah, karena kondisinya sangat berresiko.

Diki Darusman, Bandung TV.