Soto Mie Bogor yang Pedas Pusing Kepala jadi “Maknyoos”

186

Banyak aspek yang bisa dijual bila kita berbicara tentang potensi wisata suatu daerah ,selain potensi alam yang menjadi jualan utama. Potensi wisata alam dan budaya yang biasanya “dijual” kepada para pelancong.Selain berbagai potensi tersebut, potensi wisata belanja tentu saja tidak mungkin terpinggirkan,bahkan penyerapan dana dari wisata belanja cukup mumpuni juga.Beberapa daerah di Indonesia bisa dijadikan contoh bagaimana suksesnya mereka menjual potensi wisata belanja menjadi jualan utama.

Kota Bandung termasuk sukses dalam menjual potensi wisata belanja.Di dalam wisata belanja  ,potensi kuliner menjadi elemen penting yang tidak bisa dipisahkan.Sudah bukan rahasia lagi para pelancong ke Bandung pasti memburu segala jenis kuliner di kota ini.

Disamping Kota Bandung,di wilayah Provinsi Jawa Barat ada sebuahdaerah yang  dikenal memiliki potensi wisata belanja , yakni Bogor, Kabupaten maupun Kota Bogor sudah sejak lama menjadi buruan para pelancong penikmat wisata belanja dan kuliner. Di Bogor wisata belanja cukup banyak dan beragam,beberapa lokasi menjadi sentra penjualan produk  sandang dan lainnya.

Sedangkan berbicara kuliner di kota ini cukup beragam lagi,kita bisa menemukan berbagai penganan kuliner, baik kuliner khas maupun kuliner percampuran berbagai budaya.

Berburu kuliner di Kota Bogor sangat mengasyikan,apalagi cuaca Bogor yang selalu dilanda hujan menyebabkan kita gampang lapar.Cukup banyak makanan khas yang wajib di coba bila kita berkunjung ke Bogor.

Salah satunya adalah soto mie. Hampir di semua sudut jalan kota  dapat dengan mudah menemukan penganan berkuah ini.Salah satu jalan yang banyak terdapat penjual soto mie ialah di kawasan Jalan Surya kencana,disepanjang jalan ini banyak penjual soto mie bercitara rasa enak.

Seporsi Soto Mie Bogor terdiri dari potongan daging sapi, biasa ditambah kikil sapi dan tetelan tulang muda. Juga ada mi kuning, bihun, kroket isi bihun, irisan tomat, dan kentang.Kemudian isian yang sudah siap di mangkok ini disiram kuah bening panas yang gurih dan segar.

Berbeda dengan kuah soto pada umumnya, yang bening atau pakai santan, kuah soto mie Bogor terlihat berwarna kemerahan yang timbul dari campuran cabai merah dalam bumbunya.

Rasanya semakin pedas menggigit karena disajikan dengan sambal yang merupakan campuran cabai rawit dan cuka, serta potongan jeruk limau untuk menambah kesegaran rasa.Hidangan pedas dan gurih ini cocok untuk disantap dengan nasi, baik pada waktu makan pagi, siang atau  malam.

Harga seporsi soto mie  Rp 8.000 – Rp 15.000.Bagi mereka yang sedang sakit kepala,
kuah soto mie Bogor yang panas dan kaya bumbu, bisa membuat penikmatnya bugar kembali setelah menyantap soto . (E-003) ***